KHOTIMAH, KHUSNUL (2019) MENINGKATKAT KELENTURAN TUBUH ANAK MELALUI GERAK DAN LAGU DI TK DHARMA WANITA PERSATUAN MRIYUNAN SIDAYU GRESIK. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.
|
PDF (Pendahuluan)
Download (1MB) | Preview |
|
|
PDF (Bab 1)
Download (323kB) | Preview |
|
|
PDF (Bab 2)
Download (421kB) | Preview |
|
|
PDF (Bab 3)
Download (430kB) | Preview |
|
PDF (Bab 4)
Restricted to Registered users only Download (898kB) |
||
PDF (Bab 5)
Restricted to Registered users only Download (186kB) |
||
PDF (Lampiran)
Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Abstract
Perkembangan kelenturan tubuh pada anak usia dini merupakan hal yang sangat penting dikembangkan. Kelenturan tubuh termasuk pada pola perkembangan motorik kasar. Salah satu fungsi dari perkembangan kelenturan tubuh adalah menentukan kematangan gerak pada anak ketika masuk pada dunia pendidikan formal dan beradaptasi pada lingkungan diskitarnya. Tujuan penelitian yang dilakukan pada anak di kelompok A Taman Kanak-Kanak Dharma Wanita Persatuan Mriyunan Sidayu Gresik ini adalah untuk: a) Mendiskripsikan pembelajaran gerak dan lagu pada anak kelompok A TK Dharma Wanita Persatuan Mriyunan Sidayu Gresik?, b) Mendiskripsikan kelenturan tubuh anak melaluigerak dan lagu di kelompok A Taman Kanak-Kanak Dharma Wanita Persatuan Mriyunan Sidayu.. Penelitian Tindakan Kelas ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif karena data yang diperoleh dalam bentuk angka yang disusun dalam bentuk tabel yang hasilnya disusun dalam bentuk narasi deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, dan dokumentasi. Objek penelitian ini adalah 15 anak kelompok kelompok A TK Dharma Wanita Persatuan Mriyunan Sidayu Gresik. Hasil penelitian Pembelajaran gerak dan lagu dapat berjalan dengan baik. Kelenturan tubuh anak kelompok A mengalami peningkatan yang signifikan. Perkembangan kelenturan tubuh dapat ditigkatkan melalui pembelajaran gerak dan lagu di kelompok A TK Dharma Wanita Persatuan Mriyunan Sidayu pada siklus I mencapai mencapai 9 (60%) anak, siklus II mencapai 12 (80%) anak dari 15 anak memiliki kemampuan dalam bergerak, kemampuan menselaraskan kaki dan kemampuan melenturkan otot. Peningkatan perkembangan kelenturan tubuh sangat dipengaruhi faktor intrisik yang telah diberikan motivasi oleh guru, sehingga pendidik perlu memberikan penguatan sebelum belajar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kalenturan tubuh, Gerak dan Lagu. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | 06. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD |
Depositing User: | Hananto Bayu Susetyo |
Date Deposited: | 28 Dec 2020 12:36 |
Last Modified: | 28 Dec 2020 12:36 |
URI: | http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/4985 |
Actions (login required)
View Item |