UMSurabaya Repository

PEMBERIAN HEALTH EDUCATION MENGGUNAKAN VIDEO ANIMASI CARA MENGGOSOK GIGI DAN METODE LATIHAN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN ANAK RETARDASI MENTAL DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS KALIJUDAN SURABAYA

ROCHIMAH , EVA ASRI NUR (2019) PEMBERIAN HEALTH EDUCATION MENGGUNAKAN VIDEO ANIMASI CARA MENGGOSOK GIGI DAN METODE LATIHAN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN ANAK RETARDASI MENTAL DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS KALIJUDAN SURABAYA. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.

[img]
Preview
PDF (Pendahuluan)
Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
PDF (Bab 1)
Download (28kB) | Preview
[img]
Preview
PDF (Bab 2)
Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
PDF (Bab 3)
Download (38kB) | Preview
[img] PDF (Bab 4)
Restricted to Registered users only

Download (74kB)
[img] PDF (Bab 5)
Restricted to Registered users only

Download (15kB)
[img] PDF (lampiran)
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Ketidak mampuan anak Retardasi Mental untuk menggosok gigi secara mandiri akibat dari gangguan fungsi intelektual dan disertai gangguan fungsi adaptif merupakan masalah yang banyak di temui pada penderita retardasi mental. Berdasarkan data yang di dapat dari UPTD Liponsos Kalijudan dari tahun 2016-2018 jumlah keseluruhan anak ABK ada 52 anak, 5 diantaranya adalah anak dengan Retardasi Mental, Menurut pengkajian yang didapat, kemampuan menggosok gigi anak belum maksimal, hal itu dibuktikan dengan ketergatungan anak Retardasi Mental kepada pengasuh saat menyiapkan alat-alat untuk menggosok gigi. Metode pemberian Health Education menggunakan video animasi menggosok gigi merupakan suara cara peningkatan kemampuan menggosok gigi dengan memanfaatkan teknologi perlu inovasi baru dalam proses pembelajaran. Salah satunya menggunakan video pembelajaran yang menarik untuk anak dan metode latihan ketrampilan, serta di padukan dengan metode latihan menggosok gigi merupakan cara yang baik dalam melatih kemampuan anak menggosok gigi. Desain penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan studi kasus, responden berjumlah 5 orang anak Retardasi Mental yang berusia 9-12 tahun berjenis kelamin perempuan dan kurang mampu menggosok gigi dengan baik dan benar. Instrumen yang digunakan adalah Jembar observasi, Alat-alat untuk menggosok gigi serta video animasi cara menggosok gigi. Hasil Penelitian yang didaptkan adanya peningkatan kemampuan anak menggosok gigi sebesar 60-80% setelah dilakukan Health Education video animasi dan Metode latihan cara menggosok gigi yang baik dan benar. Kelima responden antusias saat berjalannya penelitian. Dari hasil penelitian di atas, membuktikan bahwa Health Education dan video animasi dan Metode latihan sangat bermanfaat untuk melatih kemampuan anak dalam menggosok gigi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Retardasi Mental, Video Animasi cara menggosok gigi, Metode Latihan.
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: 04. Fakultas Ilmu Kesehatan > Profesi Ners
Depositing User: Hananto Bayu Susetyo
Date Deposited: 07 Jun 2021 11:26
Last Modified: 07 Jun 2021 11:26
URI: http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/5272

Actions (login required)

View Item View Item