UMSurabaya Repository

MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBAHASA ANAK MELALUI KEGIATAN MENYANYI PADA KELOMPOK A1 TAMAN KANAK-KANAK AL WAHYU MENANGGAL SURABAYA

Falakhiyah, Robi’atul (2019) MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBAHASA ANAK MELALUI KEGIATAN MENYANYI PADA KELOMPOK A1 TAMAN KANAK-KANAK AL WAHYU MENANGGAL SURABAYA. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.

[img] PDF (Pendahuluan)
Download (2MB)
[img] PDF (Bab 1)
Download (1MB)
[img] PDF (Bab 2)
Download (1MB)
[img] PDF (Bab 3)
Download (1MB)
[img] PDF (Bab 4)
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] PDF (Bab 5)
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] PDF (Lampiran)
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian tindakan kelas ini adalah. (1) Untuk mendeskripsikan aktifitas guru dan anak ketika kegiatan menyanyi dalam meningkatkan keterampilan berbahasa anak dengan pada Kelompok A1 Taman Kanak-kanak Al Wahyu Menanggal Surabaya (2) Untuk mendeskripsikan kegiatan menyanyi dalam meningkatkan keterampilan berbahasa anak dengan pada Kelompok A1 Taman Kanak-kanak Al Wahyu Menanggal Surabaya Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (action research), karena dilakukan untuk memecahkan masalah pembelajaran di kelas. Data dikumpulkan dengan teknik Observasi dan Dokumentasi. lembar observasi yang terdiri dari: (a) Lembar observasi aktivitas guru. (b) Lembar observasi aktivitas anak. dan (c) Lembar observasi keterampilan berbahasa anak melalui kegiatan menyanyi . Sedangkan dokumentasi yang diambil antara lain: (a) Daftar nama anak Kelompok A1 Taman Kanak-kanak Al Wahyu Menanggal Surabaya (b) Rencana Kegiatan Mingguan (RKM) (c) Rencana Kegiatan Harian (RKH), dan (d) Foto kegiatan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Aktifitas guru dalam upaya meningkatkan keterampilan berbahasa anak melalui kegiatan menyanyi dengan mengalami peningkatan dari Siklus I 77,78 persen, Siklus II 88,89 persen dan pada Siklus III 100 persen. 2) aktifitas anak dalam upaya meningkatkan keterampilan berbahasa anak melalui kegiatan menyanyi dengan mengalami peningkatan dari Siklus I 44,45 persen, pada Siklus II 55,56 persen dan pada Siklus III 88,89 persen. 3) respon anak dalam upaya meningkatkan keterampilan berbahasa anak melalui kegiatan menyanyi dengan mengalami peningkatan dari Siklus I 47,06 persen, pada Siklus II 70,59 persen dan pada Siklus III 94,12 persen. 4) kegiatan menyanyi dengan untuk meningkatkan keterampilan berbahasa anak mengalami peningkatan dari Siklus I 56,43 persen, pada Siklus II 71,68 persen dan pada Siklus III 94,34 persen.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Dosen Pembimbing : 1. Dr. M. Ridlwan, M.Pd ; 2. Ratno Abidin, M.Pd
Uncontrolled Keywords: berbahasa, menyanyi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: 06. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD
Depositing User: Lailil Aswiyatul Mustdzalifah
Date Deposited: 27 Jul 2023 03:32
Last Modified: 27 Jul 2023 03:58
URI: http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/7568

Actions (login required)

View Item View Item