KASILAH, SITI (2017) PENINGKATAN KEMAMPUAN BERBAHASA MELALUI MEDIA KARTU GAMBAR ANAK KELOMPOK B TAMAN KANAK-KANAK PGRI 01 KARANGNONGKO KECAMATAN PONCOKUSUMO MALANG. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.
PDF (Pendahuluan)
Download (177kB) |
|
PDF (Bab 1)
Download (47kB) |
|
PDF (Bab 2)
Download (130kB) |
|
PDF (Bab 3)
Download (77kB) |
|
PDF (Bab 4)
Restricted to Registered users only Download (142kB) |
|
PDF (Bab 5)
Restricted to Registered users only Download (24kB) |
|
PDF (Lampiran)
Restricted to Registered users only Download (905kB) |
Abstract
Kemampuan memahami kata anak usia dini dilakukan dengan menciptakan situasi yang memberikan kesempatan pada anak untuk mengembangkan kemampuan bahasanya. Kesempatan ini dilakukan melalui kegiatan bercakap-cakap, bercerita dan tanya jawab. Kegiatan ini dilakukan dengan menggunakan media dapat memperjelas penyajian pesan dan informasi belajar anak. Tujuan penelitian ini adalah untuk; 1) Menjelaskan penggunaan media kartu bergambar, 2) Menjelaskan peningkatan hasil belajar melalui penggunaan media kartu bergambar.3) Menjelaskan bagaimanakah penggunaan media kartu bergambar dalam meningkatkan kemampuan mengenal kata anak kelompok B pada Taman Kanak-Kanak PGRI 01 Karangnongko Poncokusumo Malang. Penentuan rancangan penelitian didasarkan pada keinginan penelitian untuk peningkatan kemampuan kosa kata anak yaitu melalui penggunaan media gambar. Tempat penelitian ini adalah Taman Kanak-Kanak PGRI 01 Karangnongko Poncokusumo. Lokasi penelitian ini dipilih karena proses penyelenggaraan pembelajaran bahasa khususnya kosa kata bahasa dinilai belum optimal. Waktu pelaksanaan tindakan kelas ini dilaksanakan dari bulan Agustus sampai dengan bulan November Tahun pelajaran 2016 / 2017. Subjek penelitian ini adalah anak Kelompok B di Taman Kanak-Kanak PGRI 01 Karangnongko Poncokusumo berjumlah 19 orang yang terdiri dari 13 orang laki-laki dan 6 orang perempuan. Hasil penelitian siklus I satu kali pertemuan peningkatan kemampuan Berbahasa anak melalui aktivitas belajar dengan menggunakan media kartu gambar yaitu bercerita tentang gambar yang disediakan atau yang dibuat sendiri dengan urut dan bahasa yang jelas (B.15) jumlah kosa kata yang digunakan oleh anak yang terdiri dari 4 kata terdiri dari 7 anak jumlah skornya 35%, jumlah kosakata yang digunakan oleh anak yang terdiri dari 6 kata terdiri dari 6 anak jumlah skornya 30% dan jumlah kosakata yang digunakan oleh anak yang lebih dari 6 kata terdiri dari 0 anak jumlah skornya 0. Sehingga nilai rata rata kemampuan bahasa melalui media kartu gambar untuk meningkatkan penguasaan kosakata secara keseluruhan skornya adalah 65%. Pada penelitian siklus II satu kali pertemuan peningkatan kemampuan Berbahasa anak melalui aktivitas belajar dengan menggunakan media kartu gambar yaitu bercerita tentang gambar yang disediakan atau yang dibuat sendiri dengan urut dan bahasa yang jelas (B.15) jumlah kosakata yang digunakan oleh anak yang terdiri dari 6 kata terdiri dari 8 anak jumlah skornya 40%, dan jumlah kosakata yang digunakan oleh anak yang lebih dari 6 kata terdiri dari 11 anak jumlah skornya 55%. Sehingga nilai rata rata kemampuan bahasa melalui media kartu gambar untuk meningkatkan penguasaan kata secara keseluruhan skor adalah 95%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | Dosen Pembimbing; 1. ARIS SETIAWAN, S.Sn., M.Pd; 2. WARDAH SUWELEH, M.Pd. |
Uncontrolled Keywords: | Bahasa , Kartu Gambar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | 06. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD |
Depositing User: | Sabitah Ari Murti Akmal |
Date Deposited: | 04 Aug 2023 06:29 |
Last Modified: | 04 Aug 2023 06:29 |
URI: | http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/7686 |
Actions (login required)
View Item |