UMSurabaya Repository

MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERCERITA MELALUI PERMAINAN EDUKATIF BALOK KONSTRUKTIF PADA ANAK KELOMPOK A TK BHAKTI PERTIWI SURABAYA TAHUN PELAJARAN 2019/2020

MUSLIKHA, RATNA (2020) MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERCERITA MELALUI PERMAINAN EDUKATIF BALOK KONSTRUKTIF PADA ANAK KELOMPOK A TK BHAKTI PERTIWI SURABAYA TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.

[img] PDF (Pendahuluan)
Download (572kB)
[img] PDF (Bab 1)
Download (371kB)
[img] PDF (Bab 2)
Download (517kB)
[img] PDF (Bab 3)
Download (553kB)
[img] PDF (Bab 4)
Restricted to Registered users only

Download (802kB)
[img] PDF (Bab 5)
Restricted to Registered users only

Download (280kB)
[img] PDF (Lampiran)
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Permasalahan dalam penelitian perkembangan kemampuan bercerita anak diTk Bhakti Pertiwi Surabaya, kemampuan berceria belum tercapai secara optimal, terindentifikasi terdapat 36% dari 20 anak atau hanya tingkat pencapaian perkembangan kemampuan bercerita dengan katogori baik. Berorientasi pada masalah tersebut, maka dilakukan solusi pemecahan dengan Penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang bertujuan mendeskripsikan hasil belajar kemampuan bercerita pada pada anak kelompok A Tk Bhakti Pertiwi melalui permainan edukatif balok konstruktif seoptimal mungkin dalam penelitian ini, subyek yang saya gunakan adalah anak didik kelompok A di Tk Bhakti pertiwi Surabaya yang jumalahnya 20 anak yeng terdiri 12 perempuan dan 8 laki-laki. Dari jumlah anak tersebut yang dipakai buat bahan observasi peneliti hanya 10 anak, hasil penelitian ini dapat disimpulkan penggunaan metode meningkatkan kemampuan bercerita melalui balok konstruktif pada anak. Hal ini ditunjukkan dari analisis yang didapatkan bahwa rata-rata kemampuan bercerita pada anak kelompok A Tk Bhakti Pertiwi pada siklus 1 pertemuan 1 Ʃ B: Jika B lebih banyak daripada BB, BSH, BSB. Ini ditunjukkan pada table rekapitulasi yang menunjukkan angka 24 untuk total rata – rata bisa dari yang sebelum kegiatan yaitu pada angka 20, maka kegiatan yang diberikan sudah berhasil merubah kemampuan bercerita anak kelompok A di TK Bhakti Pertiwi Surabaya menjadi berkembang.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Dosen pembimbing 1 : Aris Setiawan, S.Sn, M.Pd pembimbing II : Wardah Suweleh, S.Pd, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Kemampuan bercerita, metode permainan edukatif balok konstruktif
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: 06. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD
Depositing User: Sabitah Ari Murti Akmal
Date Deposited: 08 Aug 2023 06:38
Last Modified: 08 Aug 2023 06:38
URI: http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/7850

Actions (login required)

View Item View Item