Gandiningtyas, Intan (2020) Pengaruh Strategi Pembelajaran PQ4R dan Motivasi Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar IPA di Kelas IV SD Muhammadiyah 26 Surabaya Tahun Ajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.
PDF (Pendahuluan)
Download (442kB) |
|
PDF (Bab 1)
Download (1MB) |
|
PDF (Bab 2)
Download (1MB) |
|
PDF (Bab 3)
Download (1MB) |
|
PDF (Bab 4)
Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
PDF (Bab 5)
Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
PDF (Lampiran)
Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Abstract
Guru dalam proses pembelajaran mempunyai tugas yang harus diperankannya yaitu memotivasi, membimbing dan memberikan fasilitas belajar bagi peserta didik untuk mencapai tujuan belajar. Guru bertanggung jawab penuh untuk melihat segala sesuatu yang terjadi di kelas guna membantu proses perkembangan peserta didik. Oleh karena itu guru dalam hal ini dituntut untuk mengembangkan strategi pembelajaran yang dapat memperluas pemahaman peserta didik pada mata pelajaran agar dapat memotivasi mereka untuk lebih tertarik untuk mengikuti kegiatan pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, karena gejala–gejala hasil pengamatan dikonversikan kedalam angka–angka sehingga dapat digunakan teknik statistik untuk menganalisis hasilnya. Data kuantitatif adalah data yang berbentuk angka, atau yang diangkakan (scoring). Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Muhammadiyah 26 keputih Surabaya Tahun Ajaran 2019/2020. Dari penelitian yang telah dilakukan oleh peneliti memperoleh hasil : (1) Adanya pengaruh yang positif strategi pembelajaran PQ4R terhadap hasil belajar siswa. Besarnya pengaruh yang diberikan strategi pembelajaran PQ4R terhadap hasil belajar siswa kelas IV SD Muhammadiyah 26 Surabaya tahun ajaran 2019/2020 sebesar 87,2%. (2) Adanya pengaruh yang positif motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar siswa. Besarnya pengaruh yang diberikan motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar siswa kelas IV SD Muhammadiyah 26 Surabaya tahun ajaran 2019/2020 sebesar 89,4%. (3) Adanya pengaruh yang positif pengaruh strategi pembelajaran PQ4R dan motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar siswa kelas IV SD Muhammadiyah 26 Surabaya tahun ajaran 2019/2020 karena nilai signifikansi (Sig.) kurang dari 0,05 (0,000 < 0,05).
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | Dosen Pembimbing 1: Meirza Nanda Faradita, S.Pd., M.Pd. Dosen Pembimbing 2: Fajar Setiawan, S.Pd., M.Pd. |
Uncontrolled Keywords: | Strategi Pembelajaran PQ4R, Motivasi Belajar, Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | 06. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD |
Depositing User: | Dyah Ayu Sulistyaningtyas |
Date Deposited: | 17 Jan 2024 08:25 |
Last Modified: | 17 Jan 2024 08:25 |
URI: | http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/8631 |
Actions (login required)
View Item |