UMSurabaya Repository

Inovasi Desai Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini Berbasis Kecerdasan Majemuk untuk Menstimulasi Kemampuan 4C (Analisis Dokumen Kurikulum Merdeka)

Mawaddah, Khusnul (2023) Inovasi Desai Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini Berbasis Kecerdasan Majemuk untuk Menstimulasi Kemampuan 4C (Analisis Dokumen Kurikulum Merdeka). Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.

[img] PDF (Pendahuluan)
Download (677kB)
[img] PDF (Bab 1)
Download (1MB)
[img] PDF (Bab 2)
Download (1MB)
[img] PDF (Bab 3)
Download (1MB)
[img] PDF (Bab 4)
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Bab 5)
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Lampiran)
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Era Revolusi Industri 4.0 yang ditandai munculnya internet of things, big data, artificial intelligence, cloud computing, dan addictive manufacturing, adalah bukti bahwa masa ini telah terjadi evolusi teknologi sehingga memunculkan akselerasi yang membuat manusia terekspose dengan margin of error, hal ini bisi dimitagasi dengan adanya kebijaksanaan dalam sebuah kebijakan yang berlaku secara universal (Public policy). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tentang relevansi kecerdasan majemuk dengan rumusan kurikulum merdeka (Capaian Pembelajaran dan Profil Pelajar Pancasila) yang kemudian di gunakan sebagai dasar pengembangan kemampuan 4C anak usia dini. Terdapat tiga rumusan masalah yang melatar belakangi tujuan tersebut, yaitu satu Bagaimana urgensi pengembangan kemampuan 4C pada anak usia dini. Dua, Bagaiman relevansi teori kecerdasan majemuk dan kurikulum merdeka dalam meningkatkan kemampuan 4C anak usia dini. Tiga, bagaimana inovasi desain pembelajaran pendidikan anak usia dini berbasis teori kecerdasan majemuk untuk meningkatkan kemampuan 4C (analisis dokumen kurikulum merdeka), Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan kepustakaan (library research), dalam proses pengumpulan data menggunakan Teknik dokumentasi, selanjutnya hasil dari proses tersebut kemudian dianalisis dengan menggunakan teknik analisis konten, analisis induktif dan analisis deskriptif. Dan dari penelitian ini diperoleh bahwa, satu, kemampuan 4C memiliki peran vital dalam mempersiapkan generasi yang memiliki soft skill dan hard skill untuk menghadapi tantangan global. Dua, Kecerdasan Majemuk dan kurikulum merdeka memiliki relevansi dalam bentuk deskripsi struktur kurikulum merdeka yang terdiri dari kegiatan intrakulikuler (penerapan capaian pembelajaran), dan kegiatan kookurikuler (penerapan profil pelajara pencasila). Tiga, hasil relevansi kemudian dikembangkan dalam bentuk rencana pembelajaran, dengan menentukan tujuan pembelajaran sebagai dasar pembuatan modul.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Dosen Pembimbing 1: Dr. M. Arfan Muammar, M.Pd.I Dosen Pembimbing 2: Dr. Zainal Arifin, M.Pd.I
Uncontrolled Keywords: Desain pembelajaran, kecerdasan majemuk, keterampilan 4C
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: 09. Program Pascasarjana > S2 Pendidikan Islam
Depositing User: Dyah Ayu Sulistyaningtyas
Date Deposited: 21 Sep 2024 02:54
Last Modified: 21 Sep 2024 02:54
URI: http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/9405

Actions (login required)

View Item View Item