UMSurabaya Repository

Analisis Karakter Religius dengan Disiplin pada Anak Usia Dini di Tk Aisyiyah Bustanul Atfal 6 Surabaya. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Fakutras Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Muhadiyah Surabaya

Nusrilla, Nusrilla (2020) Analisis Karakter Religius dengan Disiplin pada Anak Usia Dini di Tk Aisyiyah Bustanul Atfal 6 Surabaya. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Fakutras Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Muhadiyah Surabaya. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.

[img] PDF (Pendahuluan)
Download (943kB)
[img] PDF (Bab 1)
Download (633kB)
[img] PDF (Bab 2)
Download (862kB)
[img] PDF (Bab 3)
Download (1MB)
[img] PDF (Bab 4)
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] PDF (Bab 5)
Restricted to Registered users only

Download (646kB)
[img] PDF (Lampiran)
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional dalam Pasal 1 Ayat 1 menegaskan bahwa pendidikan nasional adalah usaha yang dirancang untuk menciptakan proses belajar peserta didik secara aktif dan pengembangan potensi peserta didik yang harus memiliki kekuatan spiritual keagamaan, kepribadian, akhlak mulia, dan kecerdasan. Karakter yang baik terdiri dari kebiasan yang baik, yakni kebiasaan yang berhubungan dengan moral agama, kebiasan yang berhubungan dengan dalam hati dan kebiasan yang berhubungan dengan tindakan, ataupun berhubungan dengan cara berfikir. Oleh karena itu untuk membenahi karakter peserta didik, maka seharusnya penerapan pendidikan karakter ini diharapkan bisa mengajak peserta didik untuk menjadi manusia yang berperilaku baik, bermoral, dan berakhlak mulia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana karakter religius dan disiplin pada anak usia dini di TK Aisyiyah Bustanul Atfal 6 Surabaya. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatin dengan pengumpulan data dilakukan melalui wawancara dan pengisisan angket. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelompok A dan kelompok B. Hasil penelitian adalah Karakter religius anak usia dini pada siswa kelompok A sebesar 57% sehingga karakter religiusnya berada pada ketegori mulai berkembang. Sedangkan karakter religius anak usia dini pada siswa kelompok B sebesar 68% sehingga karakter religiusnya berada pada ketegori berkembang sangat baik, displin anak usia dini pada siswa kelompok A sebesar 48% sehingga disiplinnya berada pada ketegori mulai berkembang. Sedangkan displin anak usia dini pada siswa kelompok B sebesar 67% sehingga disiplinnya berada pada ketegori berkembang sangat baik

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Pembimbing I Dr. Dra. Badruli Martati, SH, MA, M.Pd., Pembimbing II Aristiana Prihatining Rahayu, S.Sos., M.Med.Kom.
Uncontrolled Keywords: Anak Usia Dini, Karakter Religius, Disiplin.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: 06. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD
Depositing User: Ika Budiyanti
Date Deposited: 29 Aug 2024 08:04
Last Modified: 29 Aug 2024 08:04
URI: http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/9551

Actions (login required)

View Item View Item