UMSurabaya Repository

Hubungan Intensitas Penggunaan Gadget Pada Kemampuan Sosial Anak PraSekolah di TK Aisyiyah 20 Surabaya

Rafi’ah, Devina (2018) Hubungan Intensitas Penggunaan Gadget Pada Kemampuan Sosial Anak PraSekolah di TK Aisyiyah 20 Surabaya. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.

[img]
Preview
PDF (Pendahuluan)
Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
PDF (Bab 1)
Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
PDF (Bab 2)
Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
PDF (Bab 3)
Download (1MB) | Preview
[img] PDF (Bab 4)
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] PDF (Bab 5)
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] PDF (Bab 6)
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] PDF (Lampiran)
Restricted to Registered users only

Download (886kB)

Abstract

Pada anak usia pra sekolah kemampuan sosial anak sangat dipengaruhi oleh berbagai faktor, salah satunya ialah intensitas penggunaan gadget. Seharusnya penggunaan gadget pada anak tidak >2jam. Namun penggunaan gadget digunakan >2jam setiap harinya. Kemampuan sosial anak dipengaruhi oleh lingkungan, teman sebaya dan pengawasan orang tua yang kurang, sehingga pada kemampuan sosial anak pra sekolah di TK Aisyiyah 20 Surabaya mengalami perkembangan yang kurang sesuai usianya. Tujuan penelitian adalah menganalisa hubungan intensitas penggunaan gadget pada kemampuan sosial anak usia pra sekolah. Metode penelitian ini ialah menggunakan desain analisis korelasi Cross Sectional, dengan populasi 73 responden di TK Aisyiyah 20 Surabaya. Teknik sampling yang digunakan ialah total sampling. Instrument yang digunakan ialah kuisoner adaptasi dari Vineland Social Maturity Scale (VSMS) dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan intensitas penggunaan gadget sebagai besar termasuk dalam kategori sedang yakni 31 menit – 90 menit sebanyak 37 responden (50.7%) dan kemampuan sosial sebagaian besar dengan kriteria kurang sesuai usia sebanyak 41 responden (56.2%). Hasil analisis korelasi Spearman Rank dengan α=0.05 menunjukkan nilai p value = 0.044 maka dari itu H0 ditolak dan H1 diterima yang artinya ada hubungan intensitas penggunaan gadget terhadap kemampuan sosial anak prasekolah di TK Aisyiyah 20 Surabaya. Dengan coofisien corelasi 0.236. Kesimpulan pada penelitian ini adanya hubungan intensitas penggunaan gadget pada kemapuan sosial anak prasekolah di TK Aisyiyah 20 Surabaya. Untuk itu perlu dibatasi dalam penggunaan gadget dan pengawasan orang tua

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Anak Prasekolah, Kemampuan Sosial, Intensitas Penggunaan Gadget
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
R Medicine > RT Nursing
Divisions: 04. Fakultas Ilmu Kesehatan > S1 Keperawatan
Depositing User: Dyah Ayu Sulistyaningtyas
Date Deposited: 17 Feb 2022 12:00
Last Modified: 17 Feb 2022 12:01
URI: http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/6076

Actions (login required)

View Item View Item