UMSurabaya Repository

PENGGUNAAN METODE BERCAKAP-CAKAP TERHADAP KETRAMPILAN BERKOMUNIKASI PADA ANAK DI TK AL-QOLAM TLANAKAN PAMEKASAN TAHUN PELAJARAN 2018/2019

DIANAWATI, EVI (2019) PENGGUNAAN METODE BERCAKAP-CAKAP TERHADAP KETRAMPILAN BERKOMUNIKASI PADA ANAK DI TK AL-QOLAM TLANAKAN PAMEKASAN TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.

[img] PDF (Pendahuluan)
Download (1MB)
[img] PDF (Bab 1)
Download (1MB)
[img] PDF (Bab 2)
Download (1MB)
[img] PDF (Bab 3)
Download (1MB)
[img] PDF (Bab 4)
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] PDF (Bab 5)
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] PDF (Lampiran)
Restricted to Registered users only

Download (554kB)

Abstract

Kegiatan pembelajaran taman kanak-kanak diarahkan untuk memberdayakan semua aspek perkembangan anak untuk menguasai kompetensi yang diharapkan. Metode Bercakap-cakap sebagai salah satu aspek perkembangan anak mempunyai peran penting dari dinamika otak manusia. Supaya proses belajar menyenangkan, guru harus mengembangkan model pembelajaran dengan jenis kegiatan bervariasi seperti melalui Metode Bercakap-cakap serta pendekatan bermain sambil belajar, belajar melalui Metode Bercakap-cakap dapat meningkatkan ketrampilan berkomunikasin dan menumbuhkan motivasi anak untuk melaksanakan tugas yang diberikan guru. Berdasarkan permasalahan tersebut, maka penulis merancang penelitian tindakan kelas. Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah mengembangkan Ketrampilan Berkomunikasi melalui Metode Bercakap-cakap. Penelitian tindakan kelas (PTK) ini dilaksanakan di TK Al-Qolam Tlanakan Pamekasan Tahun 2018/2019 sebanyak 42 anak, Ketrampilan berkomunikasi melalui Metode Bercakap-cakap perlu ditingkatkan. Metode Bercakap-cakap merupakan model pembelajaran yang memadukan pembelajaran bermakna, secara sistematis dan berkelanjutan dengan mengoptimalkan pemanfaatan lingkungan di sekitar sebagai sumber belajar dan segala benda-benda yang mengandung informasi sebagai wahana anak didik untuk meningkatkan kemampuan dan kreativitas lamannya melalui pengalaman belajar yang nyata, atraktif, menarik dan menantang. Penelitian berlangsung dengan melakukan pengamatan minat, keaktifan dan kemampuan anak melaksanakan tugas secara tuntas. Data di kumpulkan melalui teknik observasi, angket, interview dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian ini, di simpulkan bahwa Metode Bercakap-cakap dapat meningkatkan ketrampilan berkomunikasi anak di TK Al- Qolam Tlanakan Pamekasan Tahun 2018/2019. Hasil ini di buktikan dengan data ketrampilan komonikasi anak mencapai rata-rata 94,2%, terdapat peningkatan dari sebelumnya. Supaya Ketrampilan berkomunikasi anak meningkat, maka guru taman kanak-kanak di sarankan untuk melaksanakan proses belajar mengajar melalui Metode Bercakap-cakap.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Dosen Pembimbing: 1. Drs. Wahyono, M.Si ; 2. Tri Kurniawati, S.Gz., M.Kes
Uncontrolled Keywords: Metode Bercakap-cakap, Ketrampilan berkomunikasi.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: 06. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD
Depositing User: Sabitah Ari Murti Akmal
Date Deposited: 27 Jul 2023 02:45
Last Modified: 27 Jul 2023 02:45
URI: http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/7552

Actions (login required)

View Item View Item