UMSurabaya Repository

MENINGKATKAN KEMAMPUAN ASPEK PERKEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK MELALUI PERMAINAN TRADISIONAL CONGKLAK DI KELOMPOK B TK AL QURAN NURUL HUDA SUKOPURO MALANG

HASANAH, FARIDATUL (2019) MENINGKATKAN KEMAMPUAN ASPEK PERKEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK MELALUI PERMAINAN TRADISIONAL CONGKLAK DI KELOMPOK B TK AL QURAN NURUL HUDA SUKOPURO MALANG. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.

[img] PDF (Pendahuluan)
Download (2MB)
[img] PDF (Bab 1)
Download (1MB)
[img] PDF (Bab 2)
Download (1MB)
[img] PDF (Bab 3)
Download (1MB)
[img] PDF (Bab 4)
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] PDF (Bab 5)
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] PDF (Lampiran)
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Pembelajaran sosial emosional anak usia dini sangat penting karena dengan mengajarkan sosial emosional pada anak dapat memberikan pengalaman awal pada anak untuk mengenal lingkungan yang baru. Permainan tradisional anak merupakan unsur kebudayaan, karena mampu memberi pengaruh terhadap perkembangan kejiwaan, sifat, dan kehidupan sosial anak. Fokus penelitian dalam penelitian ini adalah: Bagaimana cara Meningkatkan Kemampuan Aspek Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini Melalui Permainan Tradisional Congklak Di Kelompok B Tk Al Quran Nurul Huda Sukopuro Kecamatan Jabung Kabupaten Malang?”. Tujuan penelitian ini adalah Untuk mendeskripsikan adanya peningkatan kemampuan aspek perkembangan sosial emosional anak melalui permainan tradisional congklak di Kelompok B TK Al Quran Nurul Huda Sukopuro Jabung Malang. Pendekatan penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Hasil penelitian menunjukkan kemampuan sosial emosional yang dicapai anak didik kelompok B TK Al Quran Nurul Huda Sukopuro Jabung lebih menigkat dibandingkan dengan sebelumnya dimana perkembangan sosial emosional anak mencapai 36.7% ,namun setelah dilakukan praktek penelitian tindakan kelas melalui penerapan permainan tradisional congklak, pada siklus pertama mengalamin peningkatan 56.9%, maka dari itu dilakukan penelitian ulang sehingga pada siklus kedua mengalami peningkatan mencapai 82,8% yang mencapai sesuai indikator yang diharapkan. Dimana peningkatan tersebut telah memenuhi target penelitian, begitu pula dengan guru lebih mudah menggunakan dalam permainan-permainan saat proses pembelajaran dikelas dan memberikan pembelajaran yang menyenangkan pada anak-anak. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: pembelajaran melalui penerapan permainan tradisional congklak dapat dikatakan berhasil dalam rangka meningkatkan perkembangan sosial emosional anak di kelompok B TK Al Quran Nurul Huda Sukopuro Jabung Malang.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Dosen Pembimbing: 1. Ratno Abidin, M.Pd ; 2. Aris Setiawan, S,Sn., M.Pd
Uncontrolled Keywords: Perkembangan Sosial Emosional, Permainan Tradisional Congklak.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: 06. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD
Depositing User: Sabitah Ari Murti Akmal
Date Deposited: 27 Jul 2023 02:52
Last Modified: 27 Jul 2023 02:52
URI: http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/7553

Actions (login required)

View Item View Item