UMSurabaya Repository

MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE (TPS) DENGAN BERBANTUAN GAMBAR SERI DAPAT MENINGKATKAN KETRAMPILAN MENULIS PADA ANAK KELMPOK A TK DHARA WANITA PERSATUAN 02 KLUWUT PAKISAJI MALANG TAHUN AJARAN 2017/2018

KARTIKASARI, YAYUK (2018) MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE (TPS) DENGAN BERBANTUAN GAMBAR SERI DAPAT MENINGKATKAN KETRAMPILAN MENULIS PADA ANAK KELMPOK A TK DHARA WANITA PERSATUAN 02 KLUWUT PAKISAJI MALANG TAHUN AJARAN 2017/2018. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.

[img] PDF (pendahuluan)
Download (2MB)
[img] PDF (BAB 1)
Download (1MB)
[img] PDF (BAB 2)
Download (1MB)
[img] PDF (BAB 3)
Download (1MB)
[img] PDF (BAB 4)
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] PDF (BAB 5)
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] PDF (Lampiran)
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan ketrampilan menulis pada anak Kelompok A DI TK Dharma Wanita Persatuan 2 Wonosari Malang melalui model pembelajaran TPS dengan berbantuan gambar seri. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus dengan tiga kali pertemuan, dan pada setiap pertemuan menunjukkan tahapan perkembangan proses pembelajaran menulis melalui model pembelajaran TPS dengan beratuan gamabar seri. Subyek penelitian adalah anak didik kelompok A yang berjumlah 27 anak, terdiri dari 19 anak perempuan dan 8 anak laki-laki. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah observasi. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini apabila mencapai 76%. ( Tingkat keberhasilan yang telah ditetapkan ). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I dengan desain aktivitas terdiri dari permainan lari halang rintang dengan modifikasi zigzag run, shuttle run, dan boomerang run, kelincahan anak meningkat menjadi 29,3%. Pada Siklus II desain aktivitas terdiri dari permainan halang rintang dengan modifikasi zigzag run, shuttle run, dan boomerang run dilakukan secara kompetisi dan pemberian reward. Penelitian ini dihentikan pada Siklus II karena sudah memenuhi kriteria indikator keberhasilan yakni 76 % yang ditetapkan. Sedangkan Siklus II mencapai 96,2% artinya telah mencapai diatas KKM yang telah ditetapkan. Langkah-langkah bermain halang rintang yang dapat meningkatkan kelincahan anak Kelompok A terdiri dari aktivitas bermain halang rintang dengan modifikasi zigzag run, shuttle run, dan boomerang run. Langkah bermain lari halang rintang dengan modifikasi zigzag run yaitu anak berlari secara zigzag melewati rintangan. Selanjutnya, bermain halang rintang dengan modifikasi shuttle run dapat dilakukan dengan langkah-langkah (1) anak berlari bolak-balik dengan melewati rintangan, (2) anak berlari bolak-balik secara zigzag dengan melewati rintangan. Bermain halang rintang dengan modifikasi boomerang run dilakukan dengan berlari dari satu titik ke titik yang lain secara melingkar

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: dosen pembimbing :DR RIDWAN,M.PD;DRS.WARHONO M.SI
Uncontrolled Keywords: menulis,medel pembelajaran TPS, kelompok A.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: 06. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD
Depositing User: Adhi Dewantara
Date Deposited: 27 Jul 2023 03:03
Last Modified: 27 Jul 2023 03:03
URI: http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/7554

Actions (login required)

View Item View Item