UMSurabaya Repository

MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG ANAK MELALUI METODE CERITA PADA KELOMPOK A TK. ISLAM PLUS ARROSYIID KOTA MOJOKERTO

ISLAMIYAH, NUR (2019) MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG ANAK MELALUI METODE CERITA PADA KELOMPOK A TK. ISLAM PLUS ARROSYIID KOTA MOJOKERTO. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.

[img] PDF (Pendahuluan)
Download (1MB)
[img] PDF (Bab 1)
Download (1MB)
[img] PDF (Bab 2)
Download (1MB)
[img] PDF (Bab 3)
Download (1MB)
[img] PDF (Bab 4)
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] PDF (Bab 5)
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] PDF (Lampiran)
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Pendidikan anak usia dini sangat penting untuk dilakukan. Hal tersebut berhubungan dengan hasil penelitian yang membuktikan bahwa kapabilitas kecerdasan dari orang dewasa sebanyak 50% sudah terjadi pada anak ketika ia masih berusia empat tahun. Perkembangannya terus melesat sampai dengan 80% ketika anak berusia delapan tahun dan puncaknya ketika anak berusia 18 tahun. oleh karena itu kemampuan berhitung awal anak di TK. Islam Plus Arrosyiid Kota Mojokerto perlu diajarkan sejak dini. Tujuan dari penelitian tindakan kelas ini adalah: 1) mendeskripsikan aktifitas guru dan anak ketika kegiatan dalam meningkatkan kemampuan berhitung anak melalui metode cerita di TK. Islam Plus Arrosyiid Kota Mojokerto; 2) mendeskripsikan kegiatan dalam meningkatkan kemampuan berhitung anak melalui metode cerita di TK. Islam Plus Arrosyiid Kota Mojokerto Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (action research), karena dilakukan untuk memecahkan masalah pembelajaran di kelas. Data dikumpulkan dengan teknik Observasi dan Dokumentasi. lembar observasi yang terdiri dari: (a) Lembar observasi aktivitas guru. (b) Lembar observasi aktivitas anak. dan (c) Lembar observasi kemampuan berhitung anak melalui kegiatan . Sedangkan dokumentasi yang diambil antara lain: (a) Daftar nama anak Kelompok A TK. Islam Plus Arrosyiid Kota Mojokerto (b) Rencana Kegiatan Mingguan (RKM) (c) Rencana Kegiatan Harian (RKH), dan (d) Foto kegiatan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru mengalami peningkatan sebanyak 39.58 %, sedangkan aktivitas anak mengalami peningkatan sebesar 37.55 % dan kemampuan ekspresi mengalami peningkatan sebesar 25.00 %, dimana pada siklus I memperoleh prosentase 47.92 % menjadi 100.00 %.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Dosen Pembimbing: 1. DR. M. Ridlwan, M.Pd. ; 2. Ratno Abidin, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: berhitung, cerita
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: 06. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD
Depositing User: Sabitah Ari Murti Akmal
Date Deposited: 27 Jul 2023 06:21
Last Modified: 27 Jul 2023 06:21
URI: http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/7602

Actions (login required)

View Item View Item