UMSurabaya Repository

MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI AWAL ANAK DENGAN METODE MENYANYI PADA KELOMPOK B RA. AT-TAQWA KENDALSARI SUMOBITO JOMBANG

Endarwati, Sri (2019) MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI AWAL ANAK DENGAN METODE MENYANYI PADA KELOMPOK B RA. AT-TAQWA KENDALSARI SUMOBITO JOMBANG. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.

[img] PDF (Pendahuluan)
Download (2MB)
[img] PDF (Bab 1)
Download (1MB)
[img] PDF (Bab 2)
Download (1MB)
[img] PDF (Bab 3)
Download (1MB)
[img] PDF (Bab 4)
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] PDF (Bab 5)
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] PDF (Lampiran)
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Kemampuan literasi awal pada 19 anak pada Kelompok B RA. AT-Taqwa Kendalsari Sumobito Jombang masih kurang. Hal ini terlihat ketika guru memberikan pertanyaan bagaimana memindahkan benda dari tangan, mencoret-coret, menyusun balok, menggunting, menulis dan sebagainya anak masih malu-malu, bingung dan kurang antusias untuk menanggapi perintah dari guru. Terkait dengan permasalahan yang terjadi pada Kelompok B RA. AT-Taqwa Kendalsari Sumobito Jombang tersebut, peneliti ingin menggunakan sebagai solusi agar kemampuan literasi awal anak meningkat. Tujuan dari penelitian tindakan kelas ini adalah. (1) Untuk mendeskripsikan aktifitas guru dan anak ketika dalam meningkatkan kemampuan literasi awal anak dengan metode menyanyi pada Kelompok B RA. AT-Taqwa Kendalsari Sumobito Jombang (2) Untuk mendeskripsikan dalam meningkatkan kemampuan literasi awal anak dengan metode menyanyi pada Kelompok B RA. AT-Taqwa Kendalsari Sumobito Jombang Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (action research), karena dilakukan untuk memecahkan masalah pembelajaran di kelas. Data dikumpulkan dengan teknik Observasi dan Dokumentasi. lembar observasi yang terdiri dari: (a) Lembar observasi aktivitas guru. (b) Lembar observasi aktivitas anak. dan (c) Lembar observasi kemampuan literasi awal anak melalui . Sedangkan dokumentasi yang diambil antara lain: (a) Daftar nama anak Kelompok B RA. AT-Taqwa Kendalsari Sumobito Jombang (b) Rencana Kegiatan Mingguan (RKM) (c) Rencana Kegiatan Harian (RKH), dan (d) Foto kegiatan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) aktifitas guru mengalami peningkatan dari Siklus I sebesar 83,34 persen, pada Siklus II naik menjadi sebesar 91,67 persen dan pada Siklus III naik menjadi sebesar 100 persen. 2) aktifitas anak mengalami peningkatan dari Siklus I sebesar 41,67 persen, pada Siklus II naik menjadi sebesar 58,34 persen dan pada Siklus III naik menjadi sebesar 91,67 persen. 3) respon anak mengalami peningkatan dari Siklus I sebesar 50 persen, pada Siklus II naik menjadi sebesar 66,67 persen dan pada Siklus III naik menjadi sebesar 94,45 persen. 4) dengan metode menyanyi untuk meningkatkan kemampuan literasi awal anak mengalami peningkatan dari Siklus I sebesar 58,34 persen, pada Siklus II naik menjadi sebesar 72,23 persen dan pada Siklus III naik menjadi sebesar 95,38 persen.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Dosen Pembimbing : 1. Drs. Wahono, M.Si ; 2. Aris Setiawan, S.Sn, M.Pd
Uncontrolled Keywords: literasi, menyanyi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: 06. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD
Depositing User: Lailil Aswiyatul Mustdzalifah
Date Deposited: 27 Jul 2023 06:28
Last Modified: 27 Jul 2023 06:28
URI: http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/7603

Actions (login required)

View Item View Item