UMSurabaya Repository

PENINGKATAN HASIL BELAJAR KETERAMPILAN PROSES SAINS MELALUI METODE OBSERVASI PADA KEGIATAN PENGENALAN BENDA TERAPUNG DAN TENGGELAM PADA ANAK TAMAN KANAK-KANAK DHARMA WANITA PERSATUAN TAMBAK REJO I KREMBUNG

ANGGRAENI, DIAN ROSY (2017) PENINGKATAN HASIL BELAJAR KETERAMPILAN PROSES SAINS MELALUI METODE OBSERVASI PADA KEGIATAN PENGENALAN BENDA TERAPUNG DAN TENGGELAM PADA ANAK TAMAN KANAK-KANAK DHARMA WANITA PERSATUAN TAMBAK REJO I KREMBUNG. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.

[img] PDF (Pendahuluan)
Download (32kB)
[img] PDF (Bab 1)
Download (57kB)
[img] PDF (Bab 2)
Download (81kB)
[img] PDF (Bab 3)
Download (94kB)
[img] PDF (Bab 4)
Restricted to Registered users only

Download (207kB)
[img] PDF (Bab 5)
Restricted to Registered users only

Download (11kB)
[img] PDF (Lampiran)
Download (749kB)

Abstract

Pendidikan Anak Usia Dini menuntut adanya perubahan pola pikir lama ke pola pikir baru. Pola pikir yang menganggap bahwa guru sebagai satu-satunya sumber belajar, harus segera ditinggalkan, karena lingkungan dan ilmu pengetahuan serta teknologi sebagai kunci pembuka sumber belajar yang sangat luas. Dengan demikian kelas bukanlah satu�satunya tempat belajar bagi anak usia dini. Belajar dilakukan dengan aktivitas aktif dimana anak melakukan banyak hal untuk mendapatkan pengalaman melalui proses saintifik. Pembelajaran sains harus melibatkan aspek pengetahuan, afektif dan psikomotor sehingga pengetahuan untuk memahami konsep diperoleh melalui proses berpikir dengan memiliki ketrampilan proses dan sikap ilmiah. Pemahaman ini bermanfaat bagi anak untuk memecahkan masalah dalam kehidupan sehari-hari, dan dapat menanggapi secara kritis perkembangan sains. Tujuan pengembangan pembelajaran sains untuk anak adalah agar anak memiliki kemampuan memecahkan masalah yang dihadapinya melalui metode sains, proses meningkatkan kemampuan sains pada anak , diharapkan anak memiliki sikap ilmiah dan diharapkan anak lebih berminat untuk menghayati sains Anak-anak harus diajarkan bagaimana merasakan, mengalami, dan mencoba berbagai fenomena alam. Karena kegiatan yang berhubungan dengan eksperimen ini akan memacu kreativitas anak. Anak juga akan belajar untuk berani mencoba

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Dosen Pembimbing: 1. Drs. Wahono, M.Si; 2. Ratno Abidin, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Peningkatan Hasil Belajar, Observasi, Sains.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: 06. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD
Depositing User: Sabitah Ari Murti Akmal
Date Deposited: 04 Aug 2023 06:36
Last Modified: 04 Aug 2023 06:36
URI: http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/7684

Actions (login required)

View Item View Item