UMSurabaya Repository

PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS 3D KELOMPOK USIA 5-6 TAHUN DI SEKOLAH SINGHANAKHON WITTAYANUSORN SCHOOL (ANUBAN) SONGKHLA THAILAND

ALAYDRUS, GAMAR (2019) PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS 3D KELOMPOK USIA 5-6 TAHUN DI SEKOLAH SINGHANAKHON WITTAYANUSORN SCHOOL (ANUBAN) SONGKHLA THAILAND. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.

[img] PDF (Pendahuluan)
Download (1MB)
[img] PDF (Bab 1)
Download (181kB)
[img] PDF (Bab 2)
Download (255kB)
[img] PDF (Bab 3)
Download (252kB)
[img] PDF (Bab 4)
Restricted to Registered users only

Download (228kB)
[img] PDF (Bab 5)
Restricted to Registered users only

Download (89kB)
[img] PDF (Lampiran)
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Bahasa merupakan suatu sistem simbol untuk berkomunikasi dengan orang lain, meliputi daya cipta dan sistem aturan. Tujuan penelitian adalah untuk mendeskripsikan bagaimana pembelajaran Bahasa Indonesia dan mendeskripsikan bagaimana hasil pembelajaran Bahasa Indonesia kelas 3 kelompok usia 5-6 tahun di sekolah Singhanakhon Wittayanusorn School (Anuban) Songkhla Thailand. Jenis penelitian yang dilakukan dalam penelitian ini adalah menggunakan jenis penelitian kualitatif Desain penelitian deskriptif kualitatif ditujukan untuk mendeskripsikan dan menggambarkan fenomena-fenomena yang ada, baik bersifat alamiah maupun rekayasa manusia. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Sampel digunakan jika ingin meneliti sebagian dari populasi dan bermaksud untuk menggeneralisasi hasil penelitian sampel. Sampel data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kelas 3D berjumlah 26 anak. Berdasarkan hasil pengamatan maka dapat ditarik kesimpulan hasil pembelajaran Bahasa Indonesia kelas 3D kelompok usia 5-6 tahun di sekolah Singhanakhon Wittayanusorn School (Anuban) Songkhla Thailand menunjukkan bahwa masih ada anak didik yang belum mampu menunjukkan berkembang sesuai harapan dimana ada 10 anak yang berkembang sesuai kemampuan, 9 anak mulai berkembang dan 7 anak belum berkembang dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Kemampuan berbahasa Indonesia dari hasil pengamatan pada anak sebagian besar sudah mampu dalam mengucapkan, membaca dan menulis kalimat bahasa Indonesia.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Dosen Pembimbing I: Ratno Abidin, M.Pd., Pembimbing II: Wardah Suweleh, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: pembelajaran, bahasa Indonesia, anak usia dini.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: 06. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD
Depositing User: Sabitah Ari Murti Akmal
Date Deposited: 04 Aug 2023 07:16
Last Modified: 04 Aug 2023 07:16
URI: http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/7723

Actions (login required)

View Item View Item