UMSurabaya Repository

PENGARUH MEDIA KARTU GAMBAR TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA ANAK PADA KELOMPOK B DI TK PERMATA SURABAYA

Kurniati, Yayuk (2019) PENGARUH MEDIA KARTU GAMBAR TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA ANAK PADA KELOMPOK B DI TK PERMATA SURABAYA. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.

[img] PDF (Pendahuluan)
Download (1MB)
[img] PDF (Bab 1)
Download (99kB)
[img] PDF (Bab 2)
Download (205kB)
[img] PDF (Bab 3)
Download (305kB)
[img] PDF (Bab 4)
Restricted to Registered users only

Download (356kB)
[img] PDF (Bab 5)
Restricted to Registered users only

Download (88kB)
[img] PDF (Lampiran)
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Kemampuan membaca pada anak kelompok B relatif rendah dikarenakan anak masih kesulitan dalam memahami konsep huruf tanpa menggunakan media yang kreatif sehingga diperlukan media kartu bergambar dalam pemahaman huruf.Penggunaan media kartu gambarmerupakan salah satu bentuk upaya untuk mengembangkan kemampuan membaca anak dalam mengucapkan huruf, membedakan huruf, menggabungkan 2 huruf, menggabungkan huruf menjadi kata, menggabungkan kata menjadi kalimat secara sederhana. Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui proses penggunaan media kartu gambar terhadap kemampuan membaca anak pada kelompok B di TK Permata Surabaya. 2) untuk mengetahui hasil kemampuan membaca anak pada kelompok B melalui media kartu gambar di TK Permata Surabaya. Metodologi Penelitian menggunakan jenis penelitian kuantitatif pre eksperimen dengan desain one group pre test – post test.Teknik pengumpulan data pada penelitian data pada penelitian ini menggunakan observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji Wilcoxon yang diperoleh T hitung = 0 dan nilai T tabel =14, hal ini membuktikan bahwa 0<14 maka hasil penelitian menyatakan bahwa terdapat pengaruh penggunaan media kartu gambar terhadap kemampuan membaca anak kelompok B.Hasil posttest meningkat sangat baik dibandingkan dengan hasil pretest. Posttest mendapat hasil rata-rata 34, 2. Hal ini berarti ada perkembangan yang sangat baik dari peserta didik yang terlibat dalam kelompok B sampel penelitian. Hasil posttest yang meningkat drastis memberikan jawaban bahwa dengan media kartu gambar dapat mempengaruhi perkembangan kemampuan membaca.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Dosen Pembimbing I. Aris Setiawan, S.Sn, M.Pd., Pembimbing II. Aristiana Prihatining Rahayu, S.Sos., M.Med.Kom.
Uncontrolled Keywords: anak usia 5-6 tahun; kemampuan membaca; media kartu gambar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: 06. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD
Depositing User: Sabitah Ari Murti Akmal
Date Deposited: 07 Aug 2023 06:47
Last Modified: 07 Aug 2023 06:47
URI: http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/7800

Actions (login required)

View Item View Item