UMSurabaya Repository

Kelayakan Lembar Kerja Peserta Didik Bahasa Indonesia Kelas VIII Semester Genap Karya MGMP Bahasa Indonesia Muhammadiyah Surabaya Tahun Ajaran 2019/2020

Fachrudin, Fikri (2020) Kelayakan Lembar Kerja Peserta Didik Bahasa Indonesia Kelas VIII Semester Genap Karya MGMP Bahasa Indonesia Muhammadiyah Surabaya Tahun Ajaran 2019/2020. Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.

[img] PDF (Pendahuluan)
Download (885kB)
[img] PDF (Bab 1)
Download (116kB)
[img] PDF (Bab 2)
Download (158kB)
[img] PDF (Bab 3)
Download (99kB)
[img] PDF (Bab 4)
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] PDF (Bab 5)
Restricted to Registered users only

Download (89kB)
[img] PDF (Lampiran)
Restricted to Registered users only

Download (318kB)

Abstract

Pokok bahasan dalam penelitian ini adalah kelayakan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Bahasa Indonesia kelas VIII semester genap karya MGMP Bahasa Indonesia Muhammadiyah Surabaya tahun ajaran 2019/2020. Kelayakan tersebut ditinjau dari empat aspek yakni isi, bahasa, penyajian, dan kegrafikan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kelayakan lembar kerja peserta didik tersebut berdasarkan empat aspek itu. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Sumber data penelitian ini berasal dari LKPD Bahasa Indonesia kelas VIII semester genap karya MGMP Bahasa Indonesia Muhammadiyah Surabaya tahun ajaran 2019/2020. Pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi. Data direduksi, disajikan, dianalisis dengan menggunakan pelbagai referensi tentang kelayakan lembar kerja peserta didik lalu disimpulkan. Simpulan hasil penelitian menunjukkan bahwa pada aspek isi terdapat tiga komponen yang cukup layak dalam LKPD yakni kegiatan dapat memotivasi peserta didik, menekankan pada proses kehidupan sehari-hari, dan menyediakan ruang untuk menuliskan ide. Komponen yang lain bersifat layak. Pada aspek bahasa terdapat satu komponen yang cukup layak dalam LKPD yakni kesesuaian kaidah bahasa. Masih terdapat kalimat yang tidak sesuai kaidah. Komponen yang lain bersifat layak. Pada aspek penyajian terdapat dua komponen yang tidak layak dalam LKPD yakni kejelasan standar kompetensi lulusan dan memuat pertanyaan dan simpulan. Komponen yang lain bersifat layak. Pada aspek penyajian terdapat tujuh komponen yang tidak layak dalam LKPD yakni desain menarik, penyajian yang menyenangkan, penyajian yang menyenangkan, gambar mendukung konsep dalam menemukan konsep, gambar membantu memahami, kesesuaian pemilihan warna gambar, dan kesesuaian pemilihan warna gambar. Komponen yang lain bersifat layak.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dosen Pembimbing I: Dr. Sujinah, M.Pd., Pembimbing II: Ngatma’in, M.Pd
Uncontrolled Keywords: komponen; kelayakan; lembar kerja peserta didik
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: 09. Program Pascasarjana > S2 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Sabitah Ari Murti Akmal
Date Deposited: 11 Aug 2023 06:33
Last Modified: 11 Aug 2023 06:33
URI: http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/8149

Actions (login required)

View Item View Item