Masruri, Feny (2024) Penerapan Model Learning Cycle 5E Materi Zat Dan Perubahannya Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Dan Hasil Belajar Siswa SMP. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.
PDF (Pendahuluan)
Download (1MB) |
|
PDF (Bab 1)
Download (146kB) |
|
PDF (Bab 2)
Download (388kB) |
|
PDF (Bab 3)
Restricted to Registered users only Download (363kB) |
|
PDF (Bab 4)
Restricted to Registered users only Download (2MB) |
|
PDF (Bab 5)
Restricted to Registered users only Download (139kB) |
|
PDF (Lampiran)
Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui peningkatan keterampilan proses sains siswa materi zat dan perubahannya setelah penerapan model Learning Cycle 5E; 2). mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada zat dan perubahannya setelah penerapan Model Learning Cycle 5E; 3). mengetahui keterlaksanaan pembelajaran Learning Cycle 5E pada materi zat dan perubahannya; 4). mengetahui respos siswa setelah pembelajaran menggunakan Learning Cycle 5E pada materi zat dan perubahannya.Jenis penelitian Pre-Experimental menggunakan One Group Pretes Posttest Desain. Sampel penelitian yaitu kelas VII A Surabaya berdasarkan teknik Purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, teknik lembar observasi dan lembar angket. Analisis data dilakukan secara deskriptif dan statistik menggunakan Uji N-Gain dan uji Wilcoxon. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan: (1) Ada peningkatan kemampuan keterampilan proses sains peserta didik MTs Hasanuddin setelah penerapan model Learning Cycle 5E pada materi zat dan perubahannya dengan nilai N-Gain 0,10 dengan kategori tinggi (2). Ada peningkatan hasil belajar siswa pada zat dan perubahannya setelah penerapan Model Learning Cycle 5E dengan nilai N-Gain 0,10 dengan ketegori tinggi (3) Pembelajaran model Learning Cycle 5E terlaksana 100% dengan modus kategori sangat baik; (4) Penerapan model Learning Cycle 5E mendapat respon positif sangat baik dengan persentase sebesar 100%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | 06. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Moch. Adi Candra |
Date Deposited: | 01 Aug 2024 04:35 |
Last Modified: | 01 Aug 2024 04:36 |
URI: | http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/9450 |
Actions (login required)
View Item |