UMSurabaya Repository

Penerapan Model Learning Cycle 5E Materi Zat Dan Perubahannya Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Dan Hasil Belajar Siswa SMP

Masruri, Feny (2024) Penerapan Model Learning Cycle 5E Materi Zat Dan Perubahannya Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Dan Hasil Belajar Siswa SMP. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.

[img] PDF (Pendahuluan)
Download (1MB)
[img] PDF (Bab 1)
Download (146kB)
[img] PDF (Bab 2)
Download (388kB)
[img] PDF (Bab 3)
Restricted to Registered users only

Download (363kB)
[img] PDF (Bab 4)
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] PDF (Bab 5)
Restricted to Registered users only

Download (139kB)
[img] PDF (Lampiran)
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui peningkatan keterampilan proses sains siswa materi zat dan perubahannya setelah penerapan model Learning Cycle 5E; 2). mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada zat dan perubahannya setelah penerapan Model Learning Cycle 5E; 3). mengetahui keterlaksanaan pembelajaran Learning Cycle 5E pada materi zat dan perubahannya; 4). mengetahui respos siswa setelah pembelajaran menggunakan Learning Cycle 5E pada materi zat dan perubahannya.Jenis penelitian Pre-Experimental menggunakan One Group Pretes Posttest Desain. Sampel penelitian yaitu kelas VII A Surabaya berdasarkan teknik Purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, teknik lembar observasi dan lembar angket. Analisis data dilakukan secara deskriptif dan statistik menggunakan Uji N-Gain dan uji Wilcoxon. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan: (1) Ada peningkatan kemampuan keterampilan proses sains peserta didik MTs Hasanuddin setelah penerapan model Learning Cycle 5E pada materi zat dan perubahannya dengan nilai N-Gain 0,10 dengan kategori tinggi (2). Ada peningkatan hasil belajar siswa pada zat dan perubahannya setelah penerapan Model Learning Cycle 5E dengan nilai N-Gain 0,10 dengan ketegori tinggi (3) Pembelajaran model Learning Cycle 5E terlaksana 100% dengan modus kategori sangat baik; (4) Penerapan model Learning Cycle 5E mendapat respon positif sangat baik dengan persentase sebesar 100%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > Q Science (General)
Divisions: 06. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Moch. Adi Candra
Date Deposited: 01 Aug 2024 04:35
Last Modified: 01 Aug 2024 04:36
URI: http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/9450

Actions (login required)

View Item View Item