Masruri, Feny (2024) Penerapan Model Learning Cycle 5E Materi Zat Dan Perubahannya Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Dan Hasil Belajar Siswa SMP. Undergraduate Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.
FENY MASRURI_skripsi 2024 PENDAHULUAN.pdf
Download (1MB) | Preview
FENY MASRURI_skripsi 2024 BAB I_Watermark.pdf
Download (146kB) | Preview
FENY MASRURI_skripsi 2024 BAB II_Watermark.pdf
Download (388kB) | Preview
![Bab 3 [thumbnail of Bab 3]](https://repository.um-surabaya.ac.id/style/images/fileicons/application_pdf.png)
FENY MASRURI_skripsi 2024 BAB III_Watermark.pdf
Restricted to Registered users only
Download (363kB)
![Bab 4 [thumbnail of Bab 4]](https://repository.um-surabaya.ac.id/style/images/fileicons/application_pdf.png)
FENY MASRURI_skripsi 2024 BAB IV_Watermark.pdf
Restricted to Registered users only
Download (2MB)
![Bab 5 [thumbnail of Bab 5]](https://repository.um-surabaya.ac.id/style/images/fileicons/application_pdf.png)
FENY MASRURI_skripsi 2024 BAB V_Watermark.pdf
Restricted to Registered users only
Download (139kB)
![Lampiran [thumbnail of Lampiran]](https://repository.um-surabaya.ac.id/style/images/fileicons/application_pdf.png)
FENY MASRURI_skripsi 2024 Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui peningkatan keterampilan proses sains siswa materi zat dan perubahannya setelah penerapan model Learning Cycle 5E; 2). mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada zat dan perubahannya setelah penerapan Model Learning Cycle 5E; 3). mengetahui keterlaksanaan pembelajaran Learning Cycle 5E pada materi zat dan perubahannya; 4). mengetahui respos siswa setelah pembelajaran menggunakan Learning Cycle 5E pada materi zat dan perubahannya.Jenis penelitian Pre-Experimental menggunakan One Group Pretes Posttest Desain. Sampel penelitian yaitu kelas VII A Surabaya berdasarkan teknik Purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, teknik lembar observasi dan lembar angket. Analisis data dilakukan secara deskriptif dan statistik menggunakan Uji N-Gain dan uji Wilcoxon. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan: (1) Ada peningkatan kemampuan keterampilan proses sains peserta didik MTs Hasanuddin setelah penerapan model Learning Cycle 5E pada materi zat dan perubahannya dengan nilai N-Gain 0,10 dengan kategori tinggi (2). Ada peningkatan hasil belajar siswa pada zat dan perubahannya setelah penerapan Model Learning Cycle 5E dengan nilai N-Gain 0,10 dengan ketegori tinggi (3) Pembelajaran model Learning Cycle 5E terlaksana 100% dengan modus kategori sangat baik; (4) Penerapan model Learning Cycle 5E mendapat respon positif sangat baik dengan persentase sebesar 100%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | 06. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Moch. Adi Candra |
Date Deposited: | 01 Aug 2024 04:35 |
Last Modified: | 01 Aug 2024 04:36 |
URI: | https://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/9450 |