Hidayah, Shofi (2024) Pengembangan Modul Ajar Berbasis Diferensiasi Siswa Dan Investigation Based Scientific Collaborative Pada Topik Perubahan Lingkungan Di SMA Muhammadiyah 7 Surabaya. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.
PDF (Pendahuluan)
Download (664kB) |
|
PDF (Bab 1)
Download (139kB) |
|
PDF (Bab 2)
Download (432kB) |
|
PDF (Bab 3)
Download (299kB) |
|
PDF (Bab 4)
Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
PDF (Bab 5)
Restricted to Registered users only Download (201kB) |
|
PDF (Lampiran)
Restricted to Registered users only Download (7MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui validitas dan efektifitas modul ajar berbasis diferensiasi siswa dan model investigation based scientific collaborative pada topik perubahan lingkungan di SMA Muhammadiyah 7 Surabaya. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan 4-D (Four-D Models) yang terdiri dari tahap define, design, develop, dan disseminate. Rancangan uji coba terbatas penelitian ini menggunakan jenis penelitian pre-eksperimen dengan rancangan One Group Pretest Postest Design, yang diujikan pada siswa kelas X 2 SMA Muhammadiyah 7 Surabaya. Teknik pengumpulan data mmenggunakan uji validasi, tes hasil belajar kognitif (pretest dan posttest), observasi keterlaksanaan pembelajaran, dan angket respon siswa. Data penelitian dianalisis secara deskriptif kuantitatif dan kualitatif statistik menggunakan uji T dan N-Gain. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: (1). Modul ajar yang dikembangkan, dinyatakan sangat valid berdasarkan kriteria penilaian validasi, (2). Modul ajar dinyatakan sangat efektif karena dalam meningkatkan hasil belajar kognitif siswa, (3). Modul ajar termasuk dalam kategori praktis karena mudah digunakan, (4). Siswa memberikan respon positif terhadap modul ajar yang dikembangkan. Simpulan penelitian ini adalah modul ajar berbasis diferensiasi siswa dan model investigation based scientific collaborative pada topik perubahan lingkungan di SMA Muhammadiyah 7 Surabaya yang dikembangkan dinyatakan valid, praktis dan efektif.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | 06. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Moch. Adi Candra |
Date Deposited: | 02 Aug 2024 08:36 |
Last Modified: | 02 Aug 2024 08:43 |
URI: | http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/9467 |
Actions (login required)
View Item |