Pengembangan Modul Ajar Berbasis Diferensiasi Siswa Dan Investigation Based Scientific Collaborative Pada Topik Perubahan Lingkungan Di SMA Muhammadiyah 7 Surabaya

Hidayah, Shofi (2024) Pengembangan Modul Ajar Berbasis Diferensiasi Siswa Dan Investigation Based Scientific Collaborative Pada Topik Perubahan Lingkungan Di SMA Muhammadiyah 7 Surabaya. Undergraduate Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.

[thumbnail of Pendahuluan]
Preview
PDF (Pendahuluan)
PENDAHULUAN - Shofi Hidayah.pdf

Download (664kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1]
Preview
PDF (Bab 1)
BAB I - Shofi Hidayah-Watermark.pdf

Download (139kB) | Preview
[thumbnail of Bab 2]
Preview
PDF (Bab 2)
BAB II - Shofi Hidayah- Watermark .pdf

Download (432kB) | Preview
[thumbnail of Bab 3]
Preview
PDF (Bab 3)
BAB III - Shofi Hidayah-Watermark.pdf

Download (299kB) | Preview
[thumbnail of Bab 4] PDF (Bab 4)
BAB IV - Shofi Hidayah-Watermark.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Bab 5] PDF (Bab 5)
BAB V - Shofi Hidayah_Watermark.pdf
Restricted to Registered users only

Download (201kB)
[thumbnail of Lampiran] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN - Shofi Hidayah.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui validitas dan efektifitas modul ajar berbasis diferensiasi siswa dan model investigation based scientific collaborative pada topik perubahan lingkungan di SMA Muhammadiyah 7 Surabaya. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan 4-D (Four-D Models) yang terdiri dari tahap define, design, develop, dan disseminate. Rancangan uji coba terbatas penelitian ini menggunakan jenis penelitian pre-eksperimen dengan rancangan One Group Pretest Postest Design, yang diujikan pada siswa kelas X 2 SMA Muhammadiyah 7 Surabaya. Teknik pengumpulan data mmenggunakan uji validasi, tes hasil belajar kognitif (pretest dan posttest), observasi keterlaksanaan pembelajaran, dan angket respon siswa. Data penelitian dianalisis secara deskriptif kuantitatif dan kualitatif statistik menggunakan uji T dan N-Gain. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: (1). Modul ajar yang dikembangkan, dinyatakan sangat valid berdasarkan kriteria penilaian validasi, (2). Modul ajar dinyatakan sangat efektif karena dalam meningkatkan hasil belajar kognitif siswa, (3). Modul ajar termasuk dalam kategori praktis karena mudah digunakan, (4). Siswa memberikan respon positif terhadap modul ajar yang dikembangkan. Simpulan penelitian ini adalah modul ajar berbasis diferensiasi siswa dan model investigation based scientific collaborative pada topik perubahan lingkungan di SMA Muhammadiyah 7 Surabaya yang dikembangkan dinyatakan valid, praktis dan efektif.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: 06. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Moch. Adi Candra
Date Deposited: 02 Aug 2024 08:36
Last Modified: 02 Aug 2024 08:43
URI: https://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/9467

Actions (login required)

View Item
View Item