Efektivitas Pendekatan Culturally Responsive Teaching dalam Pembelajaran Membaca Teks Puisi Budaya Surabaya

Sania, Aziziyah Nurul (2025) Efektivitas Pendekatan Culturally Responsive Teaching dalam Pembelajaran Membaca Teks Puisi Budaya Surabaya. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.

[thumbnail of Artikel Ilmiah]
Preview
Text (Artikel Ilmiah)
Artikel Ilmiah_Aziziyah Nurul Sania_20211110003.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran membaca teks puisi seringkali menghadapi tantangan dalam hal pemahaman, terutama ketika puisi tidak dikaitkan dengan budaya siswa. Culturally Responsive Teaching (CRT) merupakan pendekatan yang mengintegrasikan budaya siswa dalam pembelajaran untuk meningkatkan pemahaman dan keterlibatan siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas pendekatan CRT dalam pembelajaran keterampilan membaca puisi berbasis budaya surabaya di SMA Muhammadiyah 10 Surabaya. Metode penelitian yang digunakan yakni deksriptif kuantitatif dengan desain pre-eksperimental (one-group pretest- posttest). Sampel penelitian terdiri dari 18 siswa kelas X-4. Hasil pretest menunjukkan bahwa hanya 4 siswa yang mencapai nilai KKM (≥75), sedangkan hasil posttest menunjukkan peningkatan dengan 17 siswa mencapai nilai KKM. Rata -rata nilai meningkat dari 56,2 (pretest) menjadi 76,6 (posttest) yang menunjukkan peningkatan signifikan dalam keterampilan membaca puisi siswa setelah penerapan pendekatan CRT. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pendekatan CRT terbukti efektif dalam meningkatkan pemahaman dan apresiasi siswa terhadap pusi berbasis budaya lokal (surabaya). Guru berperan penting dalam mengaitkan materi dengan pengalaman budaya siswa untuk menciptakan pembelajaran yang lebih inklusif dan kontekstual. Oleh karena itu, penerapan CRT dalam pembelajaran sastra direkomendasikan agar pembelajaran menjadi lebih relevan dengan kehidupan siswa.

========================================================================

Learning to read poetry often faces challenges in understanding, especially when the poetry is not connected to the students' culture. Culturally Responsive Teaching (CRT) is an approach that integrates students' cultures into the learning process to enhance understanding and engagement. This study aims to describe the effectiveness of the CRT approach in teaching poetry reading skills based on the culture of Surabaya at SMA Muhammadiyah 10 Surabaya. The research method used is descriptive quantitative with a pre-experimental design (one-group pretest-posttest). The research sample consists of
18 students from class X-4. The results of the pretest showed that only 4 students achieved the Minimum Completeness Criteria (KKM) (≥75), while the posttest results indicated an improvement with 17 students reaching the KKM. The average score increased from 56.2 (pretest) to 76.6 (posttest), demonstrating a significant improvement in students' poetry reading skills after the implementation of the CRT approach. From this study, it can be concluded that the CRT approach is effective in enhancing students' understanding and appreciation of poetry based on local culture (Surabaya). Teachers play a crucial role in connecting the material with students' cultural experiences to create a more inclusive and contextual learning environment. Therefore, the implementation of CRT in literature education is recommended to make learning more relevant to students' lives.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Culturally Responsive Teaching, Membaca Puisi, Budaya Surabaya, Pendidikan sastra
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: 06. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Aziziyah Nurul
Date Deposited: 15 Dec 2025 04:46
Last Modified: 15 Dec 2025 04:46
URI: https://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/10694

Actions (login required)

View Item
View Item