RAHMANIA, ALFUL and Dra. Chusnal Ainy, M.Pd. and Himmatul Mursyidah, S. Si., M. Si. (2017) PENGARUH ADVERSITY QUOTIENT DAN MINAT BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA DI SMP MUHAMMADIYAH 3 WARU. Other thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.
![Pendahuluan [thumbnail of Pendahuluan]](https://repository.um-surabaya.ac.id/style/images/fileicons/application_pdf.png)
pendahuluan.pdf
Download (1MB)
![Bab 1 [thumbnail of Bab 1]](https://repository.um-surabaya.ac.id/style/images/fileicons/application_pdf.png)
BAB_I.pdf
Download (285kB)
![Bab 2 [thumbnail of Bab 2]](https://repository.um-surabaya.ac.id/style/images/fileicons/application_pdf.png)
BAB_II.pdf
Download (462kB)
![Bab 3 [thumbnail of Bab 3]](https://repository.um-surabaya.ac.id/style/images/fileicons/application_pdf.png)
BAB_III.pdf
Download (515kB)
![Bab 4 [thumbnail of Bab 4]](https://repository.um-surabaya.ac.id/style/images/fileicons/application_pdf.png)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (688kB)
![Bab 5 [thumbnail of Bab 5]](https://repository.um-surabaya.ac.id/style/images/fileicons/application_pdf.png)
BAB_V.pdf
Download (88kB)
![Lampiran [thumbnail of Lampiran]](https://repository.um-surabaya.ac.id/style/images/fileicons/application_pdf.png)
Lampiran_14-24_merged.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
Abstract
Dalam proses pembelajaran dibutuhkan adanya suatu evaluasi yang berfungsi untuk
mengetahui perkembangan serta keberhasilan siswa setelah melakukan kegiatan belajar selama
jangka waktu tertentu. Salah satu faktor agar prestasi belajar siswa meningkat adalah adanya
minat dan daya juang terhadap mata pelajaran tertentu. Daya juang merupakan bagian dari
adversity quotient. Adversity Quotient merupakan suatu kemampuan seseorang untuk bertahan
dalam sebuah masalah.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu deskriptif kuantitatif. Pengambilan
data dilaksanakan pada Bulan Mei 2017 pada siswa kelas VIIIA di SMP Muhammadiyah 3
Waru. Untuk memperoleh data, peneliti membagikan angket dan soal tes. Adapun data yang
telah diperoleh akan diolah menggunakan rumus regresi linear, fungsinya yaitu untuk
mengetahui pengaruh antar variabel.
Hasil menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan antara adversity
quotient dan minat belajar secara bersama-sama terhadap prestasi belajar matematika sebesar
34,4%. Penelitian ini juga menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan antara
adversity quotient dengan prestasi belajar matematika sebesar 31%. Sedangkan antara minat
belajar dengan prestasi belajar matematika terdapat pengaruh positif sebesar 9%.
Kata kunci: adversity quotient; minat; prestasi belajar
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | 06. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Users 320 not found. |
Date Deposited: | 23 Nov 2017 08:01 |
Last Modified: | 23 Nov 2017 08:01 |
URI: | https://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/1355 |