PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MEANS–ENDS ANALYSIS (MEA) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH 10 SURABAYA TAHUN AJARAN 2015/ 2016

Rizki, Anis Asfianita and Dra. Chusnal Ainy, M.Pd. and Shoffan Shoffa, M.Pd. (2016) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MEANS–ENDS ANALYSIS (MEA) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH 10 SURABAYA TAHUN AJARAN 2015/ 2016. Other thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.

[thumbnail of Pendahuluan]
Preview
PDF (Pendahuluan)
PENDAHULUAN.pdf

Download (968kB)
[thumbnail of Bab I] PDF (Bab I)
BAB_I.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (325kB)
[thumbnail of Bab II] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (560kB)
[thumbnail of Bab III] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (571kB)
[thumbnail of Bab IV] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (486kB)
[thumbnail of Bab V] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (89kB)

Abstract

Proses pembelajaran matematika kelas VIII-C di SMP Muhammadiyah 10 Surabaya menunjukkan bahwa hasil belajar matematika masih rendah. Hal ini terjadi karena kurangnya penerapan model pembelajaran sehingga kurang terjalinnya interaksi antar siswa dalam proses belajar mengajar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan model pembelajaran, peningkatan hasil belajar matematika. Penelitian ini menggunakan model pembelajaran Means–Ends Analysis (MEA). Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian tindakan kelas dilaksanakan dalam dua siklus dan tiap siklus terdiri atas dua pertemuan dan satu pertemuan yang melalui empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-C SMP Muhammadiyah 10 Surabaya. Data diperoleh dari observasi, tes, kuesioner. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa meningkat dari sebelum tindakan sebesar 31,82% menjadi 40,91% pada siklus I. Sedangkan pada siklus II sebesar 81,82% dengan rata-rata 83,95. Hasil tersebut telah mencapai indikator keberhasilan penelitian yaitu 80% dan telah mengalami kenaikan setiap siklusnya. Berdasarkan uraian di atas, dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan model pembelajaran Means–Ends Analysis (MEA) meningkatkan hasil belajar Siswa Kelas VIII SMP Muhammadiyah 10 Surabaya Tahun Ajaran 2015/2016.

Kata Kunci: Model pembelajaran Means–Ends Analysis(MEA), hasil belajar

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: 06. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Dyah Ayu Sulistyaningtyas
Date Deposited: 27 Sep 2017 04:28
Last Modified: 28 Sep 2017 05:36
URI: https://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/30

Actions (login required)

View Item
View Item