JUMARIAH, JUMARIAH (2020) MENINGKATKAN RASA PERCAYA DIRI MELALUI KEGIATAN BERMAIN AKTIF PADA ANAK KELOMPOK A DI KB AL YASMINE BELUNG PONCOKUSUMO KABUPATEN MALANG. Undergraduate Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.
PENDAHULUAN.pdf
Download (484kB) | Preview
BAB 1.pdf
Download (174kB) | Preview
BAB 2.pdf
Download (307kB) | Preview
BAB 3.pdf
Download (226kB) | Preview
![BAB 4 [thumbnail of BAB 4]](https://repository.um-surabaya.ac.id/style/images/fileicons/application_pdf.png)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only
Download (402kB)
![BAB 5 [thumbnail of BAB 5]](https://repository.um-surabaya.ac.id/style/images/fileicons/application_pdf.png)
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only
Download (87kB)
LAMPIRAN.pdf
Download (1MB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan rasa percaya diri
pada anak kelompok B di KB Al Yasmine Belung Poncokusumo Kabupaten
Malang. Model penelitian ini menggunakan pendekatan PTK dengan mengambil
model Kemmis dan Mc. Taggart. Jenis penelitian ini merupakan penelitian
tindakan kelas secara kolaboratif antara peneliti dan guru kelas. Subjek pada
penelitian ini adalah anak kelompok B di KB Al Yasmine Belung Poncokusumo
Kabupaten Malang yang terdiri atas 24 anak, yaitu 14 anak perempuan, 10 anak
laki-laki, dengan rentan usia 5-6 tahun. Obyek penelitian adalah rasa percaya diri.
Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode observasi dan dokumentasi
dalam pengumpulan data. Teknik analisa data dilakukan secara deskriptif
kualitatif dan kuantitatif.
Hasil penelitian membuktikan bahwa kegiatan bermain aktif yang
dilakukan dalam 2 siklus dapat meningkatkan rasa percaya diri anak. Peningkatan
rasa percaya diri tersebut dapat dilihat dari hasil data observasi yang diperoleh
setiap siklus mengalami peningkatan. Sebelum tindakan ketuntasan rasa percaya
diri anak pada kriteria belum berkembang 2 anak (8,33%), mulai berkembang 14
anak (58,3%), berkembang sesuai harapan 7 anak (29,17%), dan kriteria
berkembang sangat baik hanya terdapat 1 anak (4,17%). Pada siklus I ketuntasan
rasa percaya diri anak meningkat untuk kriteria belum berkembang sejumlah 0
anak(0%). Mulai berkembang 6 anak (25%) pada kriteria berkembang sesuai
harapan 12 anak ( 50%) dan berkembang sangat baik ada 6 anak (25%). Pada
siklus II mengalami peningkatan kriteria belum berkembang 0 anak (0%), mulai
berkembang 1 anak (4,17%), pada kriteria berkembang sesuai harapan ada 10
anak (41,67%) dan berkembang sangat baik ada 13 anak (54,17%) sehingga
pembelajaran dapat dikatakan berhasil karena terdapat 23 anak (95,84%) dari 24
jumlah anak kelompok B di KB Al Yasmine Belung Poncokusumo Kabupaten
Malang. telah mencapai indikator keberhasilan. Penelitian ini dihentikan sampai
siklus II karena sudah memenuhi kriteria indikator keberhasilan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) |
---|---|
Additional Information: | Dosen pembimbing 1. Ratno Abidin, M Pd 2. Drs, Wahono, M Si |
Uncontrolled Keywords: | JUMARIAH |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | 06. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD |
Depositing User: | Adhi Dewantara |
Date Deposited: | 27 Jul 2023 06:31 |
Last Modified: | 27 Jul 2023 06:31 |
URI: | https://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/7604 |