JUMANI, JUMANI (2019) PEMAHAMAN WARNA ANAK KELOMPOK B (USIA 3 – 4 TAHUN) DI POS PAUD TERPADU (PPT) HARAPAN BUNDA TAMBAKSARI SURABAYA. Undergraduate Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.
PENDAHULUAN.pdf
Download (972kB) | Preview
BAB I.pdf
Download (166kB) | Preview
BAB II.pdf
Download (186kB) | Preview
BAB III.pdf
Download (194kB) | Preview
![Bab 4 [thumbnail of Bab 4]](https://repository.um-surabaya.ac.id/style/images/fileicons/application_pdf.png)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (216kB)
![Bab 5 [thumbnail of Bab 5]](https://repository.um-surabaya.ac.id/style/images/fileicons/application_pdf.png)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (10kB)
![Lampiran [thumbnail of Lampiran]](https://repository.um-surabaya.ac.id/style/images/fileicons/application_pdf.png)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (2MB)
Abstract
Kemampuan mengenal warna merupakan salah satu aspek dari
kemampuan kognitif.Kemampuan mengenal warna pada anak usia dini
merupakan hal yang sangat penting bagi perkembangan otaknya, sebab
pengenalan warna pada anak usia dini dapat merangsang indera penglihatan otak,
warna juga dapat memancing kepekaan terhadap penglihatan yang terjadi, karena
warna yang ada pada benda terkena sinar matahari baik secara langsung atau
tidak langsung yang kemudian dapat dilihat oleh mata. Rumusan masalah pada
penelitian ini adalah 1) Bagaimana proses pemahaman warna pada anak usia 3-4
tahun di Pos Paud Terpadu Harapan Bunda, 2) Bagaimana hasil pemahaman
warna pada anak usia 3-4 tahun di Pos Paud Terpadu Harapan Bunda. Penelitian
ini bertujuan untuk1) mendeskripsikan pemahaman warna anak kelompok B (usia
3-4 tahun), 2) mendeskripsikan hasil pemahaman warna pada anak usia 3-4 tahun
di Pos Paud Terpadu Harapan Bunda. Metodologi Penelitian menggunakan jenis
penelitian kualitatif yang menghasilkan diskripsi tentang pengenalan warna
diharapkan dapat memperoleh pemahaman yang lebih mendalam tentang
pengenalan warna pada anak usia 3-4 tahun.Tekhnik pengumpulan data pada
penelitian ini menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi,. Hasil
pengamatan diperoleh 12 anak mampu dalam menyebutkan, menunjukkan serta
mengelompokkan warna secara baik dan benar, sedangkan ada 2 anak yang mulai
berkembang dalam menyebut, menunjukkan dan mengelompokkan warna serta 1
anak yang belum berkembang dalam menyebut, menunjukkan dan
mengelompokkan warna. Kegiatan pengenalan warna yang dilakukan di PPT
Harapan Bunda.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) |
---|---|
Additional Information: | Dosen Pembimbing I. Ratno Abidin, S.Pd, M.Pd., Pembimbing II. Aris Setiawan, S.Sn, M.Sn. |
Uncontrolled Keywords: | Analisis pemahaman warna, Anak Kelompok B |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | 06. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD |
Depositing User: | Users 1348 not found. |
Date Deposited: | 07 Aug 2023 04:10 |
Last Modified: | 07 Aug 2023 04:10 |
URI: | https://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/7741 |