ANALISIS KETERAMPILAN MENULIS SISWA KELAS 1 PADA MODEL PEMBELAJARAN DARING DI SD MUHAMMADIYAH 4 SURABAYA

ROKHIMAH, ILMI MUSTAFIDHAH (2021) ANALISIS KETERAMPILAN MENULIS SISWA KELAS 1 PADA MODEL PEMBELAJARAN DARING DI SD MUHAMMADIYAH 4 SURABAYA. Undergraduate Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.

[thumbnail of PENDAHULUAN]
Preview
PDF (PENDAHULUAN)
PENDAHULUAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of ISI] PDF (ISI)
ISI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (183kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis keterampilan menulis siswa kelas 1 pada
model pembelajaran Daring di Sekolah Dasar Muhammadiyah 4 Surabaya. Metode penelitian yang
digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan subjek penelitiannya adalah siswa kelas 1-A yang
berjumlah 23 siswa dan 1 wali kelas 1-A di Sekolah Dasar Muhammadiyah 4 Surabaya.Teknik
pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara dan dokumentasi.Hasil
penelitian berdasarkan wawancara dengan wali kelas dari 1-A menyatakan bahwa proses
pembelajaran secara daring untuk siswa kelas rendah butuh bimbingan dari orang tua atau wali siswa.
Untuk meminimalisir adanya campur tangan orang tua, penugasan dapat dikerjakan langsung saat jam
pelajaran dengan resiko membutuhkan waktu yang lebih lama dikarenakan setiap anak memiliki
kecepatan berfikir dan menulis yang berbeda.Hasil penelitian berdasarkan analisis dokumen hasil
belajar siswa yang didapatkan, menunjukkan bahwakeberhasilan penilaian pengetahuan keseluruhan
siswa kelas 1-A dalam penugasannya mencapai 90%. Sedangkan keberhasilan dalam penilaian
keterampilan siswa secara keseluruhan mencapai 78,8% dengan perincian setiap aspeknya: motorik
74%, perilaku 78,2%, persepsi 85%, memori 78,2%.Hal ini dapat disimpulkan bahwa siswa kelas 1-
A sudah menguasai keterampilan menulis permulaan dan sudah siap kedepannya secara perlahan
untuk mempelajari keterampilan menulis lanjut pada pembelajaran berikutnya.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Additional Information: DOSEN PEBIMBING:Lilik Binti Mirnawati, S.Pd.i, M.Pd. Fajar Setiawan, S.Pd., M.Pd
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Daring, Keterampilan Menulis
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: 06. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD
Depositing User: Adhi Dewantara
Date Deposited: 08 Aug 2023 07:30
Last Modified: 08 Aug 2023 07:30
URI: https://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/7937

Actions (login required)

View Item
View Item