ARDIYANTI, APRILIN (2019) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR TERHADAP KEMAMPUAN MENGENAL HURUF PADA SISWA KELOMPOK B DI TK AN NUR SOKOBANAH TENGAH KECAMATAN SOKOBANAH KABUPATEN SAMPANG TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.
PDF (Pendahuluan)
Download (1MB) |
|
PDF (Bab 1)
Download (1MB) |
|
PDF (Bab 2)
Download (1MB) |
|
PDF (Bab 3)
Download (1MB) |
|
PDF (Bab 4)
Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
PDF (Bab 5)
Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
PDF (Lampiran)
Restricted to Registered users only Download (554kB) |
Abstract
Sebagian besar orang beranggapan bahwa belajar semata-mata mengumpulkan atau menghafalkan sejumlah fakta-fakta yang terjadi dalam bentuk materi pelajaran. Orang yang beranggapan demikian biasanya akan segera merasa bangga ketika anak-anaknya mampu menyebutkan kembali secara lisan sebagian informasi atau materi pelajaran yang diajarkan guru. Pembelajaran yang baik adalah pembelajaran yang melibatkan panca indra anak. Malalui panca indra tersebut anak lebih cepat menyerap ilmu pengetahuannya. Media gambar sangat membantu dalam proses pembelajaran baik dalam pengenalan huruf, warna dan penjumlahan. Akan tetapi mengapa jarang digunakan oleh para guru? Apa dengan adanya pendidikan yang belum memenuhi syarat dari seorang guru atau tidak pernah mengikuti pelatihan-pelatihan yang ada, atau guru lebih memilih menggunakan langsung huruf secara abstrak dan mengharuskan anak akan calistung “baca, tulis, hitung”. Padahal media gambar sangat efektif bagi pembelajaran anak usia dini karena akan tertarik dengan gambar atau warna- warna yang menarik.Masalah yang dibahas dalam penelitian ini “Apakah ada pengaruh media gambar terhadap kemampuan mengenal huruf pada siswa Kelompok B TK An Nur Sokobanah Tengah Tahun Pelajaran 2018/2019. Tujuan yang diharapkan dalam penelitian ini adalah untuk mendapatkan gambaran tentang penggunaan media gambar terhadap kemampuan mengenal huruf di TK An Nur Sokobanah Tengah Tahun Pelajaran 2018/2019. Metode Penentuan Responden menggunakan Population Research maka respondennya adalah seluruh siswa kelas B di TK An Nur Sokobanah Tengah Tahun Pelajaran 2018/2019. Rancangan penelitian dengan rancangan one group pre-test post-test design. Metode pengumpulan data dengan metode observasi, interview, dokumentasi dan tes. Analisis data dengan rumus chi kuadrat untuk menguji ada tidaknya pengaruh media gambar terhadap kemampuan mengenal huruf Sedangkan untuk mengetahui besar kecilnya pengaruh media gambar terhadap kemampuan mengenal huruf dengan rukus KK. Dari hasil penghitungan dengan rumus koefisien kontingensi diperoleh hasil KK = 0,44. berada pada interval KK = 0,30 – 0,49 yang artinya memiliki pengaruh positif yang sedang. Artinya penggunaan media gambar (variabel X) memiliki pengaruh positif yang sedang terhadap variabel Y yaitu kemampuan mengenal huruf siswa kelompok B di TK An Nur Sokobanah Tengah Tahun Pelajaran 2018/2019.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | Dosen Pembimbing: 1. Aris Setiawan, S,Sn., M.Pd ; 2. Aristiana Prihatining R, S.Sos., M.Med.Kom |
Uncontrolled Keywords: | Media Gambar; Kemampuan Mengenal Huruf |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | 06. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD |
Depositing User: | Sabitah Ari Murti Akmal |
Date Deposited: | 27 Jul 2023 02:31 |
Last Modified: | 27 Jul 2023 02:31 |
URI: | http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/7544 |
Actions (login required)
View Item |