PUTRI ISLAMIYAH, IFIK (2019) PENGARUH PENGGUNAAN METODE CERITA BERGAMBAR TERHADAP PENGEMBANGAN BAHASA ANAK DI TK MUSLIMAT NU 2 BAGANDAN JUNGCANGCANG PAMEKASAN TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.
PDF (Pendahuluan)
Download (2MB) |
|
PDF (Bab 1)
Download (1MB) |
|
PDF (Bab 2)
Download (1MB) |
|
PDF (Bab 3)
Download (1MB) |
|
PDF (Bab 4)
Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
PDF (Bab 5)
Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
PDF (Lampiran)
Restricted to Registered users only Download (81kB) |
Abstract
Cerita anak merupakan salah satu bentuk karya sastra yang paling dominan diberikan pada AUD. Melalui cerita berbagai aspek perkembangan anak dapat dikembangkan dalam proses pembelajaran. Cerita untuk anak adalah cerita yang menempatkan mata anak – anak sebagai pengamat utama dan masa anak – anak sebagai fokusnya. Jadi, dapat ditegaskan bahwa cerita anak adalah cerita yang mencerminkan perasaan dan pengalaman anak – anak masa kini yang dapat dilihat dan dipakai melalui mata anak – anak. Banyak cara yang dapat digunakan untuk menyajikan cerita kepada anak-anak Paud, antara lain dengan menggunakan kartu cerita, gambar seri, dan buku cerita bergambar. Pengembangan kemampuan berbahasa bertujuan agar anak mampu mengungkapkan pikiran melalui bahasa yang sederhana secara tepat, mampu berkomunikasi secara efektif dan membangkitkan minat untuk dapat berbahasa Indonesia. Sesuai dengan standar kompetensi bidang pengembangan kemampuan dasar, bahwa kompetensi dasar berbahasa adalah anak mampu mendengarkan, berkmunikasi secara lisan, memiliki perbendaharaan kata dan mengenal simbol-simbol yang melambangkannya untuk persiapan membaca dan menulis. Berdasarkan latar belakang masalah diatas, maka rumusan masalah dari penelitian ini, yaitu: “Adakah Pengaruh Penggunaan Metode Cerita Bergambar terhadap Pengembangan Bahasa Anak TK Muslimat NU 2 Bagandan Jungcangcang Pamekasan Tahun Pelajaran 2018/2019?”. Adapun tujuan dari penelitian ini, yaitu: “Untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode cerita bergambar terhadap pengembangan bahasa anak TK Muslimat NU 2 Bagandan Jungcangcang Pamekasan Tahun Pelajaran 2018/2019”. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kuantitatif dengan jenis penelitian korelasi dengan teknik analisis korelasi produck moment. Berdasarkan perhitungan diperoleh hasil rhitung = 0,650 > rtabel = 0,482 pada taraf signifikansi 5% dan N = 17. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa ada Pengaruh Penggunaan Metode Cerita Bergambar terhadap Pengembangan Bahasa Anak TK Muslimat NU 2 Bagandan Jungcangcang Pamekasan Tahun Pelajaran 2018/2019. Berdasarkan tabel interpretasi nilai r antara 0,600 sampai dengan 0,800 diperoleh bahwa tingkat pengaruhnya dalam kategori cukup.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | Dosen Pembimbing: 1. Aris Setiawan, S,Sn., M.Pd ; 2. Wardah Suweleh, M.Pd |
Uncontrolled Keywords: | Metode Cerita Bergambar dan Pengembangan Bahasa |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | 06. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD |
Depositing User: | Sabitah Ari Murti Akmal |
Date Deposited: | 27 Jul 2023 03:20 |
Last Modified: | 27 Jul 2023 03:20 |
URI: | http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/7563 |
Actions (login required)
View Item |