HIDAYAT, MUHAMAD RAMADHAN ARIAN NUR (2022) ANALISIS PERAN GURU DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR IPA SISWA KELAS IV PADA MASA PPKM DI SEKOLAH DASAR MUHAMMADIYAH 2 SURABAYA. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.
PDF (Pendahuluan)
Download (809kB) |
|
PDF (Bab 1)
Download (224kB) |
|
PDF (Bab 2)
Download (215kB) |
|
PDF (Bab 3)
Download (179kB) |
|
PDF (Bab 4)
Restricted to Registered users only Download (550kB) |
|
PDF (Bab 5)
Restricted to Registered users only Download (93kB) |
|
PDF (Lampiran)
Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Abstract
Dalam dunia pendidikan tidak terlepas dari adanya hambatan yang dialami oleh guru maupun siswanya. Hambatan tersebut banyak terjadi dalam proses pembelajaran di kelas yang menjadikan siswa mengalami kesulitan dalam belajarnya. Kesulitan belajar yang dialami oleh siswa dipengaruhi oleh beberapa faktor. Faktor tersebut terdiri dari faktor internal dan ekternal. Oleh karena itu, guru berupaya mengidentifikasi terkait permasalahan yang mengakibatkan siswa mengalami kesulitan dalam belajar. Penelitian ini bertujuan untuk a) Mengetahui kegiatan pembelajaran IPA yang dilakukan guru selama masa PPKM; b) Mengetahui peran guru dalam mengatasi kesulitan belajar pada mata pelajaran IPA siswa kelas IV di SD Muhammadiyah 2 Surabaya.; c) Menganalisis kesulitan belajar siswa kelas IV SD Muhammadiyah 2 Surabaya mata pelajaran IPA; 3) Menganalisis upaya yang dilakukan guru dalam mengatasi kesulitan belajar siswa kelas IV SD Muhammadiyah 2 Surabaya. Penelitian ini menggunakan observasi, angket, wawancara, dan dokumentasi sebagai instrumen dalam pengumpulan data. Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan bahwa: a) Kegiatan pembelajaran IPA siswa kelas IV SD Muhammadiyah 2 Surabaya Masa PPKM dilakukan secara luring dan daring.; b) Peran guru dalam mengatasi kesulitan belajar IPA siswa kelas IV di SD Muhammadiyah 2 Surabaya yaitu: guru mempunyai peran sebagai fasilitator, motivator,. pengarah/director, sebagai transmitter; 3) Kesulitan siswa belajar IPA di SD Muhammadiyah 2 Surabaya disebabkan 2 faktor, yaitu faktor internal diantaranya minat, motivasi, rasa percaya diri, kebiasan belajar, cita-cita, sedang faktor eksternal diantaranya: peran guru, ketersediaan sarana dan prasarana, kebijakan penilaian, lingkungan sosial di sekolah, lingkungan sosial di rumah, kurikulum; 4) Upaya guru dalam mengatasi kesulitan belajar siswa SD Muhammadiyah 2 Surabaya antara lain mengadakan bimbingan belajar di sekolah dan di rumah, memberikan motivasi kepada siswa, memberikan tugas kepada siswa supaya siswa mau belajar di rumah melarang siswa membawa HP ke sekolah agar siswa bisa berkonsentrasi dalam belajar dan menghindari kecanduan game online, mengadakan konseling pribadi dan menjalin komunikasi yang baik dengan orang tua guna mengatasi masalah siswa di sekolah serta mengelompokkan materi IPA terlebih dahulu sebelum dijelaskan kepada siswa agar mereka bisa memahami materi dengan baik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | Dosen Pembimbing I: Meirza Nanda Faradita, S.Pd., M.Pd, Pembimbing II: Ishmatun Naila, S.Si., M.Pd. |
Uncontrolled Keywords: | peran guru, kesulitan, belajar, IPA, PPKM |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | 06. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD |
Depositing User: | Sabitah Ari Murti Akmal |
Date Deposited: | 08 Aug 2023 06:38 |
Last Modified: | 08 Aug 2023 06:38 |
URI: | http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/7853 |
Actions (login required)
View Item |