KHOFIFAH, KHOFIFAH (2020) MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL KONSEP BILANGAN MELALUI PERMAINAN BOLA PADA ANAK KELOMPOK A RA PLUS QIRAATI AL ISLAHIYAH SURABAYA TAHUN PELAJARAN 2019-2020. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.
PDF (pendahuluan)
Download (810kB) |
|
PDF (BAB 1)
Download (147kB) |
|
PDF (BAB 2)
Download (320kB) |
|
PDF (BAB 3)
Download (201kB) |
|
PDF (BAB 4)
Restricted to Registered users only Download (720kB) |
|
PDF (BAB 5)
Restricted to Registered users only Download (122kB) |
|
PDF (LAMPIRAN)
Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Meningkatkan Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan Melalui Permainan Bola Pada Anak Kelompok A RA Plus Qiraati Al Islahiyah Surabaya Tahun Pelajaran 2019-2020. Penelitian ini dilatar belakangi kemampuan anak dalam mengenal konsep bilangan masih belum berkembang secara optimal di Kelompok A RA Plus Qiraati Al Islahiyah Surabaya, hal tersebut diketahui ketika guru meminta anak menunjukan salah satu angka yang disebutkan, anak masih merasa kebingungan dan kemudian kadang anak menjawab dengan asal sehingga kemampuan anak hanya sebatas menyebutkan nama-nama angka seperti “satu, dua, tiga” serta anak belum mampu menunjukan banyak benda dan anak belum mampu menunjukkan lambang bilangan sesuai banyak benda. Data penelitian ini tentang Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan Melalui Permainan Bola dengan metode observasi. Data hasil penelitian ini dianalisis menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil analisis data menunjukkan bahwa terjadi peningkatan kemampuan mengenal konsep bilangan melalui permainan bola dengan menggunakan 2 siklus dan pertemuan setiap siklus sebanyak 5 kali sesuai indicator yang ingin dicapai. Dari data observasi kemampuan membilang melalui metode permainan bola setelah dilakukan tindakan siklus I mulai dari pertemuan kesatu, kedua hingga kelima dapat diambil kesimpulan bahwa kemampuan membilang anak masih kurang berkembang optimal. Rata-rata ketercapaian anak pada kelompok A RA Plus Qira’ati Al Islahiyah adalah 2,62. Terdapat peningkatan meskipun belum sesuai harapan peneliti hal ini dapat ditunjukkan pada 9 anak dari 15 anak sudah berkembang atau sebesar 60% capaian kemampuan membilang anak melalui penerapan metode permainan bola. Sedangkan tindakan siklus II kemampuan membilang anak berkembang sesuai harapan dan sangat baik. Dari jumlah 15 anak yang menjadi objek penelitian, 11 anak (73,33%) diantaranya menunjukan hasil yang sesuai harapan peneliti. Diantaranya 9 anak (60%) berkembang sesuai harapan dan 2 orang anak (13,33%) berkembang sangat baik. Sejalan dengan capaian itu, hanya 4 anak (24,67%) dari 15 anak yang masih berkembang (MB) Jadi kesimpulan dari penelitian ini melalui permainan bola dapat meningkatkan kemampuan anak mengenal konsep bilangan, sehingga guru dapat lebih kreatif dalam merancang kegiatan bermain anak.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | DOSEN PEMBIMBING Ratno Abidin, M.Pd. Naili Sa’ida, M.Pd. |
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan Anak, Mengenal Konsep Bilangan, Permainan Bola |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | 06. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD |
Depositing User: | Adhi Dewantara |
Date Deposited: | 14 Aug 2023 01:46 |
Last Modified: | 14 Aug 2023 01:46 |
URI: | http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/8170 |
Actions (login required)
View Item |