UMSurabaya Repository

Kemampuan Menulis Teks Prosedur Menggunakan Model Project Based Learning Bermedia Video Permainan Tradisional Pada Siswa Kelas Vii Smp Muhammadiyah 11 Surabaya

Hasanatussaidah, Awwalul (2023) Kemampuan Menulis Teks Prosedur Menggunakan Model Project Based Learning Bermedia Video Permainan Tradisional Pada Siswa Kelas Vii Smp Muhammadiyah 11 Surabaya. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.

[img] PDF (Pendahuluan)
Download (427kB)
[img] PDF (Bab 1)
Download (344kB)
[img] PDF (Bab 2)
Download (486kB)
[img] PDF (Bab 3)
Download (259kB)
[img] PDF (Bab 4)
Restricted to Registered users only

Download (453kB)
[img] PDF (Bab 5)
Restricted to Registered users only

Download (206kB)
[img] PDF (Lampiran)
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Menulis Merupakan Salah Satu Jenis Keterampilan Berbahasa Yang Paling Rumit Diantara Keterampilan Berbahasa Yang Lain. Menulis Dapat Digunakan Untuk Menceritakan, Memberitahu Dan Menuangkan Suatu Ide Atau Gagasan Berupa Teks. Salah Satunya Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia, Materi Teks Prosedur. Teks Prosedur Dapat Membantu Peserta Didik Berpikir Secara Kritis Dengan Cara Menuangkan Ide-Ide Pada Sebuah Tulisan. Permasalahan Yang Terjadi Pada Kelas VII A SMP Muhammadiyah 11 Surabaya Yakni Nilai Pada Materi Teks Prosedur Masih Berada Di Bawah KKTP Sekolah. Adapun Tujuan Penelitian Yakni Dapat Mendeskripsikan Kemampuan Menulis Teks Prosedur Dari Segi Aspek Struktur Dan Kebahasaan Menggunakan Model Project Based Learning Bermedia Video Permainan Tradisional Pada Siswa Kelas VII A SMP Muhammadiyah 11 Surabaya. Metode Yang Digunakan Dalam Penelitian Ini Yaitu Kuantitatif Deskriptif, Karena Data Yang Di Dapat Akan Mendeskripsikan Kemampuan Menulis Teks Prosedur Pada Siswa Kelas VII A SMP Muhammadiyah 11 Dengan Menggunakan Model Project Based Learning Dan Bantuan Media Video Permainan Tradisional. Teknik Pengambilan Data Pada Penelitian Ini Yaitu Tes Tulis Yang Berupa Hasil Tulisan Teks Prosedur. Dari Hasil Data Nilai Yang Telah Diperoleh Dengan Bantuan SPSS 25 Menunjukkan Bahwa Kelas VII A Memeroleh Nilai Rata-Rata 90,51 Dari Segi Aspek Struktur Teks Prosedur Dan Memeroleh Nilai Rata-Rata 85,82 Dari Segi Aspek Kebahasaan. Sehingga Dapat Disimpulkan Bahwa Kemampuan Menulis Teks Prosedur Menggunakan Model Project Based Learning Dengan Media Video Permainan Tradisional Pada Kelas VII A SMP Muhammadiyah 11 Surabaya Memeroleh Nilai Lebih Tinggi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Dosen Pembimbing 1 : Dr. Sujinah, M.Pd. Dosen Pembimbing 2 : Idhoofiyatul Fatin, S.Pd., M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Teks Prosedur, Project Based Learning, Permainan Tradisional.
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: 06. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Moch. Adi Candra
Date Deposited: 08 May 2024 08:48
Last Modified: 08 May 2024 08:48
URI: http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/9318

Actions (login required)

View Item View Item