UMSurabaya Repository

ANALISIS BUKU AJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAMDAN BUDI PEKERTI DALAM PERSPEKTIF PSIKOLOGI PERKEMBANGAN ANAK

M A S R U R O H, M A S R U R O H (2020) ANALISIS BUKU AJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAMDAN BUDI PEKERTI DALAM PERSPEKTIF PSIKOLOGI PERKEMBANGAN ANAK. Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.

[img]
Preview
PDF (Pendahuluan)
Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
PDF (Bab 1)
Download (421kB) | Preview
[img]
Preview
PDF (Bab 2)
Download (647kB) | Preview
[img]
Preview
PDF (Bab 3)
Download (174kB) | Preview
[img] PDF (Bab 4)
Restricted to Registered users only

Download (652kB)
[img] PDF (Bab 5)
Restricted to Registered users only

Download (152kB)
[img] PDF (Lampiran)
Restricted to Registered users only

Download (346kB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan kerena dilatar belakangi oleh melihat fenomena yang ada, terdapat buku ajar yang di dalamnya memuat konten yang kurang sesuai dengan psikologi perkembangan peserta didik. Buku ajar pendidikan agama Islam dan budi pekerti kelas 1 SD kurikulum 2013 yang memiliki perbedaan teknis dengan kurikulum sebelumnya, salah satunya yaitu buku ajar disiapkan dan dibuat sendiri oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan. Rumusan masalah ini adalah: Pertama, Bagaimana kelayakan materi/isi pada buku ajar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti kelas 1 SD pada kurikulum 2013 ditinjau dari psikologi perkembangan kognisi dan bahasa, perkembangan sosio-emosional dan perkembangan sosial. Kedua, bagaimana kelayakan penyajian buku ajar Pendidikan Agama Islam dan budi pekerti kelas 1 SD kurikulum 2013 ditinjau dari psikologi perkembangan kognisi dan bahasa, perkembangan sosio-emosional dan perkembangan sosial, Ketiga, bagaimana kelayakan bahasa pada buku ajar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti kelas 1 SD kurikulum 2013 ditinjau dari psikologi perkembangan kognisi dan bahasa, sosio-emosional dan perkembangan sosial. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (research) dengan menggunakan metode penelitian deskriptif-kualitatif. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa kelayakan isi/materi dari segi kelengkapan materi dan keluasan materi secara umum sudah sesuai namun dalam beberapa bab pelajaran terdapat kompetensi dasar dan indikator yang kurang sesuai. Kelayakan penyajian sudah sesuai dengan psikologi perkembangan peserta didik yang bersangkutan, Serta kelayakan bahasa sudah sesuai, menggunakan kosa kata yang umum dan jelas sehingga mudah difahami.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Buku Ajar, Pendidikan Agama Islam, Budi Pekerti, Psikologi, Perkembangan Anak
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: 09. Program Pascasarjana > S2 Pendidikan Islam
Depositing User: Hananto Bayu Susetyo
Date Deposited: 20 Oct 2020 11:19
Last Modified: 20 Oct 2020 11:19
URI: http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/4686

Actions (login required)

View Item View Item