UMSurabaya Repository

PENGARUH PERSEPSI PESERTA DIDIK TENTANG KOMPETENSI KEPRIBADIAN GURU TERHADAP MOTIVASI BELAJAR AKIDAH AKHLAQ DI MTs MUHAMMADIYAH 26 KALITENGAH LAMONGAN

MASDUKI, ADIB (2014) PENGARUH PERSEPSI PESERTA DIDIK TENTANG KOMPETENSI KEPRIBADIAN GURU TERHADAP MOTIVASI BELAJAR AKIDAH AKHLAQ DI MTs MUHAMMADIYAH 26 KALITENGAH LAMONGAN. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.

[img] PDF (Pendahuluan)
Download (332kB)
[img] PDF (Bab 1)
Download (54kB)
[img] PDF (Bab 2)
Download (129kB)
[img] PDF (Bab 3)
Download (197kB)
[img] PDF (Bab 4)
Restricted to Registered users only

Download (368kB)
[img] PDF (Bab 5)
Restricted to Registered users only

Download (14kB)
[img] PDF (Lampiran)
Restricted to Registered users only

Download (494kB)

Abstract

Skripsi ini membahas Pengaruh persepsi peserta didik tentang kompetensi kepribadian guru terhadap motivasi belajar akidah akhlaq di MTs. Muhammadiyah 26 Kalitengah, Lamongan. Kajian ini dilatar belakangi oleh perbedaan persepsi peserta didik tentang kompetensi kepribadian guru yang mempengaruhi motivasi belajar Akidah Akhlaq peserta didik, studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan : 1. Bagaimana persepsi peserta didik kelas VIII tentang kompetensi kepribadian guru di MTs Muhammadiyah 26 Kalitengah (X)?; 2. Bagaimana motivasi belajar Akidah Akhlaq peserta didik kelas VIII di MTs MTs Muhammadiyah 26 Kalitengah (Y)?; 3. Apakah ada pengaruh persepsi peserta didik tentang kompetensi kepribadian guru (X) terhadap motivasi belajar Akidah Akhlaq (Y) bagi peserta didik kelas VIII di MTs Muhammadiyah 26 Kalitengah ? Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode survei korelasional dengan teknik analisis regresi sederhana. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik stratified sample. Sampel dalam penelitian ini diambil 25% dari jumlah populasi yaitu 109 peserta didik, sehingga sampel dalam penelitian ini sebanyak 27 peserta didik. Pengumpulan data menggunakan instrumen angket untuk menjaring data X dan Y. Instrumen angket sebelum digunakan untuk mendapat data yang objektif, terlebih dahulu dilakukan pengujian validitas dan reliabitas. Kesimpulan dari penelitian ini meliputi: pertama, persepsi peserta didik tentang kompetensi kepribadian guru Akidah Akhlaq kelas VIII di MTs Muhammadiyah 26 Kalitengah memiliki kategori “sedang”. Kedua, motivasi belajar Akidah Akhlaq peserta didik menunjukkan perolehan rata-rata sebesar 35,44 pada interval 33-37, ini berarti motivasi belajar peserta didik kelas VIII di MTs Muhammadiyah 26 Kalitengah memiliki kategori “sedang”. Ketiga, ada pengaruh yang signifikan antara persepsi peserta didik tentang kompetensi kepribadian guru terhadap motivasi belajar Akidah Akhlaq. Hal ini ditunjukkan oleh koefisien korelasi xy r = 0,556 > rtabel 5% = 0,3809, ini berarti signifikan. Sementara dari perhitungan Freg = 11,165 > Ftabel 5% = 4,24 dan Freg = 11,165 > Ftabel 1% = 7,77. dengan Freg > Ftabel 5% dan 1% berarti signifikan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Dosen Pembimbing: RUSMAN MPd.I
Uncontrolled Keywords: Kepribadian guru dan motivasi belajar aqidah akhlaq
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: 01. Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Sabitah Ari Murti Akmal
Date Deposited: 09 Aug 2023 04:11
Last Modified: 09 Aug 2023 04:11
URI: http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/8002

Actions (login required)

View Item View Item